Idelanya Usia Kehamilan Normal Untuk Melahirkan

Usia kehamilan normal. Kehamilan merupakan salah satu proses yang sangat alami dimana seorang wanita seutuhnya akan menjadi ibu. Bisa dikatakan juga, kehamilan juga akan memberikan Anda banyak pengalaman yang sangat luar biasa serta sangat berharga. Oleh karena itu, Anda sangat membutuhkan beberapa persiapan yang matang, termasuk persiapan mental ketika menjelang proses persalinan, agar bisa memperlancar proses persalinan tersebut.

Nah, salah satu hal yang penting untuk Anda ketahui yaitu usia kehamilan normal yang memang paling tepat untuk melahirkan si kecil. Dalam menghitung masa kehamilan, Anda harus melakukannya dengan baik dan tepat. Sejatinya, tepatnya waktu melahirkan yaitu berlangsung secara alami. Ketika janin yang ada di dalam kandungan siap untuk di lahirkan, maka Anda bisa mengenali beberapa tanda kelahirannya.

Lantas, berapa minggu usia kehamilan normal? Umumnya untuk masyarakat yang masih awam, hanya mengetahui bahwa usia kehamilan normal itu 9 bulan 10 hari, atau sekitar 37 minggu. Namun, jika dilihat berdasarkan hasil penelitian dari Organisasi Kesehatan untuk Ibu dan Bayi di Amerika Serikat, March of Dimes, bahwa usia ideal kehamilan yaitu berkisar antara 40 minggu. Apa tidak terlalu lama? Sedangkan sangat banyak diantaranya bahaya yang memang bisa mengancam janin yang ada di dalam kandungan jika mereka terlalu lama berada di dalam kandungan.

Penelitian dari badan kesehatan tersebut menemukan, bahwa keadaan otak serta beberapa bagian organ janin yang ada di dalam kandungan masih bisa berkembang ketika usia kehamilan memasuki minggu ke-39. Bahkan mereka juga menemukan, bahwa bayi yang lahir di minggu setelah minggu ke 39, mereka akan memiliki daya tahan yang sangat luar biasa, terutama pada sistem pernapasan serta sistem pencernaan. Oleh karena itu, untuk saat ini sudah hadir larangan guna menggunakan C-Section pada minggu ke 37.

Guna mengetahui kalau usia kehamilan Anda sudah mencapai usia kehamilan yang ideal guna melangsungkan proses persalinan, maka Anda bisa mulai menghitung usia kehamilan Anda. Nah, ada dua cara yang bisa Anda lakukanguna menghitung usia kehamilan.

Cara yang pertama yaitu, dengan menggunakan metode haid terakhir. Anda bisa menggunakan rumus Naegele guna menghitung masa kehamilan Anda, yaitu (tanggal + 7 hari), (bulan +9 ), (tahun + 0), untuk haid terakhir pada bulan  Januari – Maret dan (Tanggal+7 hari), (bulan-3), (tahun+1) untuk haid terakhir pada bulan April – Desember.

Cara yang kedua dalam menentukan masa kehamilan yaitu adanya pergerakan dari janin. Pergerakan janin pada masa kehamilan pertama akan terjadi pada minggu ke 18-20, serta untuk kehamilan kedua dan kehamilan berikutnya, pergerakan janin akan terjadi pada minggu ke 16-18. Namun, jika Anda ingin mengetahui usia kehamilan yang akurat serta tepat, alangkah lebih baik lagi jika Anda memeriksakannya ke bidan atau dokter kandungan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517