Ide Kreatif Resep MPASI Bayi 8 Bulan

ASI ekslusif selama 6 bulan merupakan salah satu program penting yang harus diterapkan guna menunjang tumbuh kembang bayi. Pemberian makanan padat dianjurkan setelah ASI ekslusif selesai. Dalam memperkenalkan MPASI untuk bayi sebaiknya memperhatikan tekstur makanan dan kandungan nutrisinya.

Pada kesempatan kali ini penulis akan mengulas tentang resep MPASI bayi 8 bulan. Menginjak usia 8 bulan tentunya bayi sudah memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mencerna makanan. Sistem pencernaan bayi sudah berkembang menjadi lebih baik.

Jenis makanan pada usia 8 bulan sudah bisa ditingkatkan dari sebelumnya. Tekstur makanan yang diberikan bisa lebih padat. Bahkan pada usia 8 bulan si kecil sudah mulai bisa diajarkan untuk makanan yang lebih keras. Pada tahap ini Finger food sudah mulai Anda perkenalkan.

Perkembangan bayi setiap tahapnya memiliki kemampuan yang lebih variatif. Kini pada usia 8 bulan si kecil sudah terlihat sangat aktif dari segi motoric kasar dengan gerakan merangkak serta kemampuan duduk. Bahkan kepekaan si kecil sudah mulai terlihat dari segi ikatan emosional dengan orangtuanya.

Adapun untuk makanan bayi pada usia 8 bulan tentunya memiliki tekstur yang lebih padat seperti bubur kacang hijau, biskuit, pudding dan bubur susu berbahan tepung. Yang perlu Anda perhatikan adalah tingkat alergi bayi, jika si kecil alergi terhadap susu sapi maka sebaiknya gunakan susu nabati seperti kacang kedelai atau kacang hijau.

Kapan Jadwal Penyajian Makanan Untuk Bayi Usia 8 Bulan?

Bagi Anda yang masih bertanya jam-jam pemberian makanan padat untuk bayi 8 bulan, berikut ini salah satu contoh jadwal penyajian MPASI 8 bulan.

Pagi pukul 07:00 Pemberian ASI

Pukul 10:00 Bubur susu yang berbahan dasar buah ataupu tepung

Siang Pukul 12:00 Pemberian bubur saring

Sore pukul 16.00 Sajikan bubur susu dengan bahan buah dan juga bisa memberikan biskuit bayi

Dalam hal ini orangtua harus peka terhadap kondisi bayi. Hal ini karena pemberian jenis makanan dan frekuensinya harus bisa menyesuaikan dengan kondisi bayi. Selain itu, pemberian makanan padat pada usia ini juga hendaknya diberikan secara bertahap untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil.

Contoh Resep MPASI Bayi 8 Bulan

Bagi Bunda yang masih kebingungan untuk membuat resep MPASI pada usia ini maka berikut penulis paparkan salah satu contoh resep praktis yang bisa disajikan.

Bubur Beras Merah Kombinasi Sayur dan Daging

Nah, salah satu resep mudah dan bergizi untuk si kecil yaitu bubur beras merah. Bahan-bahan yang diperlukan sangat sederhana dan mudah, yaitu meliputi:

  • Daging cincang 100 gram
  • Beras merah 50 gram
  • Air 450 ml
  • Tomat di cincang 1 buah
  • Wortel dicincang 50 gram
  • Bayam merah cincang 50 gram
  • Selederi 1 sdt
  • Kaju parut

Proses pembuatannya terbilang sangat mudah dan praktis. Adapun cara membuatnya yaitu sebagai berikut:

  1. Langkah pertama rebus beras merah dan air
  2. Setelah mengembang masukkan tomat dan daging cincang
  3. Biarkan beberapa saat hingga mendidih
  4. Masukkan bayam, wortel, keju dan seledri
  5. Aduk hingga semua rata dan tercampur
  6. Angkat, sajikan saat masih hangat supaya rasanya lebih enak dan disukai si kecil

Bubur Pisang Susu

Bahan-bahan yang diperlukan,

  • Pisang 1 buah dilumatkan
  • Susu formula 2 sdm
  • Air matang 200 ml

Cara pembuatan meliputi,

  1. Susu diseduh dengan air matang
  2. Masukkan pisang yang sudah dilumatkan dan aduk rata
  3. Sajikan untuk si kecil.

Demikian contoh resep mpasi bayi 8 bulan. Semoga bermanfaat Bunda.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517