Ibu Hamil Wajib Mengetahui 6 Hal Seputar Keguguran Ini!

Keguguran atau disebut juga dengan berakhirrrnnnya kehamilan sebelum janin mampu untuk bertahan hidup merupakan satu kejadian atau masalah kehamilan yang bisa di alami oleh siapa saja. Dan yang pastinya, masalah kehamilan ini sangat ingin di hindari oleh sebagian besar ibu hamil, bukan?

Banyak sekali diantaranya ibu hamil yang mengalami keguguran, namun sangat enggan untuk membicarakannya, karena hal ini merupakan satu hal yang sensitive. Mungkin dikarenakan tidak ingin mengingat kesedihan, atau bahkan merasa takut di salahkan oleh orang lain sebagai penyebab keguguran.

Nah, berikut ini ada beberapa fakta seputar keguguran yang penting untuk di ketahui ibu hamil, yaitu sebagai berikut:

  1. Cukup sering terjadi

Ada sekitar 25-30% kehamilan berakhir dengan masalah keguguran. Dan terkadang, keguguran dini atau keguguran yang terjadi sebelum janin berusia 3 bulan kerap kali terjadi, dan hal tersebut tidak disadari dan dianggap sebagai menstruasi yang terlambat.

Wanita yang hamil di usianya yang sudah tua memiliki resiko keguguran yang jauh lebih besar. Untuk wanita yang berusia 20-an, memiliki resiko keguguran sebanyak 9-17%, sedangkan untuk wanita hamil yang berusia di atas 35 tahun memiliki resiko keguguran sebanyak 20%, dan untuk wanita yang hamil di usia 40-an memiliki resiko keguguran sebanyak 80%.

  1. Usia ayah berpengaruh

Bukan hanya usia ibu yang mengandung, namun usia dari ayah juga merupakan salah satu faktor utama terjadinya keguguran. Karena dalam sebuah study yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Columbia ditemukan, menyebutkan bahwa calon ayah yang telah berusia 40 tahun ke atas memiliki risiko keguguran sampai 60%.

  1. Waspadai keguguran berulang

Wanita atau ibu hamil yang pernah mengalami keguguran sebanyak 2-3 kali secara berturu-turut, maka ia akan memiliki resiko yang jauh lebih besar mengalami keguguran di kehamilan berikutnya.

  1. Gangguan kromosom

Salah stau penyebab keguguran yang utama yaitu adanya gangguan terhadap kromosom pada embrio. Karena seiring dengan bertambahnya usia ibu hamil, maka kualitas sel telur yang akan di hasilkan juga akan semakin berkurang. Dan inilah sebabnya, mengapa makin tua usia ibu hamil, maka makin tinggi pula resiko mengalami keguguran.

  1. Tak perlu menunggu tiga bulan

Selama ini, para ibu hamil yang mengalami keguguran disarankan untuk menunggu beberapa bulan sebelum mencoba untuk merencanakan kehamilannya kembali. Akan tetapi, langsung hamil setelah keguguran juga tidak berarti Anda akan memiliki resiko tinggi mengalami keguguran yang kesekian kalinya.

  1. Tidak bisa dicegah

Sebagian besar masalah keguguran tidak bisa kita cegah, karena keguguran akan terjadi akibat adanya kehamilan yang tidak normal. Namun, jika penyebab keguguran tersebut karena faktor leher rahim, maka umumnya operasi bisa membantu Anda.

Nah, itulah beberapa fakta terkait keguguran yang harus Anda ketahui. Bukan hanya itu, Anda juga harus mengetahui juga memahami tanda tanda keguguran, agar Anda mengetahui jika ada masalah pada kehamilan Anda.

Related Posts

Share This