Hormon Kehamilan

Tahukah anda apa yang menjadi penyebab terjadinya perubahan psikologis pada wanita yang sedang hamil? Biasanya wanita mengatakan “bawaan orok”, itu bisa jadi benar atau hanya sekedar bercandaan atau alasan ibu hamil supaya keinginannya selalu di turuti. Harus anda ketahui kalau pemicu terjadinya perubahan psikologis pada ibu hamil itu disebabkan oleh peningkatan hormon kehamilan.

hormon kehamilan

  1. Hormon Progesteron

Hormon progesteron merupakan hormon yang mempunyai fungsi untuk mengatur siklus haid pada seorang wanita. Pada saat memasuki kehamilan fungsi serta produksi hormone ini akan meningkat di dalam tubuh. Pada ibu hamil hormon ini berfungsi untuk merangsang pembesaran kelenjar payudara serta mempertahankan kehamilan. Selain itu hormon progesteron ini juga mempunyai peranan untuk membangun lapisan pada dinding rahim sebagai penyangga plasenta di dalam rahim.

  1. Hormon Estrogen

Pada masa kehamilan hormon estrogen berfungsi untuk merangsang kelenjar ASI serta membuat ukuran puting menjadi besar. Selain itu hormone ini berperan dalam meningkatkan volume darah serta membantu pembentukan plasenta.

  1. Hormon Kehamilan HPL (Human Placental Lactogen)

Hormon ini berfungsi untuk memeriksa fungsi dari plasenta pada kehamilan dan memproduksi ASI. Jika kadar hormon ini rendah berarti fungsi dari plasenta kurang baik.

  1. Hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin)

Fungsi dari hormon ini adalah meningkatkan produksi hormon progesteron oleh indung telur, mempertahankan kehamilan serta menekan haid. Hormon ini bisa dibilang sebagai hormone tambahan pada waktu kehamilan. Peningkatan hormon HCG terjadi pada minggu ke-10, kemudian hormon ini akan menurun hingga stabil jumlah produksinya hingga akhir masa kehamilan.

Hormon Kehamilan Berpengaruh Pada Emosi Ibu Hamil

Produksi hormon yang semakin meningkat berdampak pada emosi ibu hamil, sama halnya ketika wanita sedang mendapat siklus haid. Bagi sebagian wanita mungkin sulit untuk mengontrol perubahan emosi tersebut. Pengaruh tingginya produksi kadar hormon ini terutama hormon progesteron akan membuat wanita lebih cenderung sensitif dan moody.

  • Lebih sensitif

Sama halnya ketika datang bulan (haid) biasanya wanita menjadi lebih sensitif, begitu juga dengan ibu hamil akan mudah merasa tersinggung terhadap perkataan ataupun perilaku yang diterimanya, biasanya akan mudah marah karena sesuatu yang bisa dibilang sepele.

  • Selalu ingin mendapat perhatian lebih

Wanita yang sedang hamil biasanya selalu ingin dimanja dan mendapatkan perhatian lebih dari pasangannya karena merasa apa yang sedang terjadi pada dirinya merupakan suatu beban yang berat.

  • Mudah merasa berempati

Produksi hormon progesteron yang tinggi dan meningkat menyebabkan ibu hamil mudah sekali merasa sedih. Tak jarang tiba-tiba saja ibu hamil ini menangis sehingga membuat bingung orang yang berada di sekitarnya.

Tips Mengatasi Perubahan Emosi Pada Ibu Hamil

Perubahan emosi yang tidak terkontrol akan membuat ibu hamil menjadi stres ataupun depresi, sehingga akan membahayakan bagi perkembangan janin serta memicu perubahan hormonal pada fungsi otak. Hal ini bisa menyebabkan ibu hamil stres dan pola makannya bisa terganggu sehingga asupan nutrisi bagi janin jadi terhambat.

Redam emosi dengan melakukan aktivitas, ibu hamil bisa melakukan aktivitas yang ringan untuk meredakan gejolak perubahan yang terjadi pada psikisnya. Aktivitas ringan sangat di anjurkan, yang terpenting adalah jangan melakukan aktivitas yang bisa membahayakan kehamilan.

Menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan, jalinan komunikasi yang baik dan perhatian dari seorang suami akan membantu ibu hamil untuk meredakan emosi. Untuk itu diperlukan peran serta suami supaya istri tidak stres.

Memeriksa kandungan secara teratur, selain untuk memeriksa kesehatan dan perkembangan janin, pemeriksaan ke dokter juga bisa dilakukan sebagai sarana untuk anda berkonsultasi seputar perubahan psikologis yang terjadi pada diri anda sebagai ibu hamil. Lakukanlah pemeriksaan secara rutin dengan dokter kandungan anda serta lakukan konsultasi terkait perubahan yang terjadi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517