Hindarkan 5 Jenis Makanan Sehat Ini Dari Si Kecil

Mungkin sebagian dari Anda beranggapan bahwa makanan sehat yang diberikan untuk si kecil merupakan makanan terbaik untuk menunjang tumbuh kembangnya. Akan tetapi ternyata ada beberapa jenis makanan sehat yang justru tidak dianjurkan untuk si kecil. Terlebih lagi jika usianya masih dalam tahap batita atau baru mendapatkan MPASI.

Pada dasarnya makanan sehat yang sebaiknya tidak diberikan adalah jenis makanan yang mengandung kalori tinggi. Hal ini karena pada usia tertentu si kecil belum membutuhkan banyak kalori sehingga tidak membutuhkan makanan tersebut. Nah, apa saja jenis makanan tersebut? Berikut ini penjelasannya.

Daftar  Makanan Yang Sebaiknya Dijauhkan Dari Si Kecil

  1. Gelatin

Selintas mungkin gelatin terlihat sangat enak untuk mekanan penutup. Akan tetapi jenis makanan ini tidak cocok untuk si kecil. Biasanya gelatin mengandung banyak gula, pewarna buatan dan perasa. Nah, sebagai penggantinya sebaiknya memberikan sajian apple crumble sengan taburan kayu manis karena dinilai lebih sehat.

  1. Makanan Olahan

Semua jenis makanan olahan cepat saji yang melalui proses panjang memang tidak cocok untuk bayi. Hal ini karena kandungan nutrisinya rendah sehingga tidak akan mencukupi kebutuhan gizi si kecil. Maka dari itu, jangan memberikan jenis makanan ini pada tahap MPASI.

  1. Biskuit

Banyak produk biskuit yang dijual dipasaran mengandung terlalu banyak gula dan garam sehingga jenis makanan ini tidak cocok untuk bayi pada tahap MPASI. Sebaiknya jauhkan makanan tersebut karena tidak baik untuk kesehatan si kecil. Lebih baik Anda memberikan buah-buahan untuk makan padat si kecil.

  1. Soda

Jangankan untuk bayi, untuk orang dewasa saja soda tidak baik bagi kesehatan. Sebaiknya jangan pernah coba-coba memberikan soda pada bayi karena beresiko terhadap kesehatan.

  1. Jus

Olahan buah menjadi jus memang tergolong makanan sehat karena pada dasarnya buah mengandung banyak nutrisi. Namun sebaiknya jangan memberikan jus untuk bayi pada tahap awal pem,berian MPASI. Kandungan nutrisi pada jus memang terbilang rendah karena melalui proses pengolahan. Alangkah lebih baiknya jika buah diberikan secara utuh.

Nah, itulah jenis-jenis makanan sehat yang sebaiknya jangan dulu diperkenalkan pada bayi pada tahap awal pemberian MPASI karena bisa beresiko terhadap kesehatannya. Makanan tersebut bisa diberikan ketika si kecil sudah berusia diatas satu tahun. Namun untuk jenis soda sebaiknya jangan pernah diberikan pada anak karena beresiko.

Pemberian dan pemilihan makanan yang tepat sangat berguna dalam menunjang tumbuh kembang anak. Asupan makanan yang benar dengan kandungan gizi lengkap adalah kunci utama keberhasilan tumbuh kembang yang baik. Perhatian akan asupan nutrisi menjadi poin penting sehingga Anda dituntut untuk lebih selektif dalam memilihnya.

Related Posts

Share This