Hindari Stres Karena Bisa Memicu Masalah Kesehatan

Masalah kesehatan bisa dipicu oleh banyak hal, baik itu faktor eksternal maupun internal. Menjaga kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang mutlak penting untuk dilakukan oleh setiap orang supaya hidup menjadi lebih baik sehingga terhindar dari risiko berbagai penyakit yang ringan maupun parah sekalipun. Dalam upaya untuk menjaga kesehatan tubuh, banyak sekali cara yang bisa dilakukan. Contohnya dengan menjaga asupan makanan, rutin berolahraga dan hindari stress.

Perlu Anda ketahui bahwa stress adalah salah satu hal yang menjadi pemicu timbulnya masalah kesehatan tubuh. Sepintas mungkin hal ini terlihat biasa saja dan bahkan bisa dibilang sebagai hal yang wajar. Namun dampak dari stress sangat fatal untuk kesehatan. Dengan kata lain stress adalah salah satu hal yang bisa mengaktifkan sinyal-sinyal gangguan kesehatan.

Stres yang dibiarkan berlarut-larut akan menggerogoti kesehatan tubuh secara perlahan. Bahkan lama kelamaan akan menimbulkan bahaya yang sangat fatal dan membahayakan kesehatan tubuh. Berbagai macam penyakit bisa timbul akibat stress yang berkepanjangan. Pada era modern seperti ini memang banyak sekali faktor pemicu seseorang menjadi stress. Dalam hal ini kita semua dituntut untuk bisa mencari solusi terbaik dalam mengatasi stress.

Beberapa Masalah Kesehatan Akibat Stres

Sindrom Iritasi Usus Besar

Salah satu masalah kesehatan akibat stress yaitu sindrom iritasi usus besar. Sindrom ini merupakan gangguan pada pencernaan sehingga akan mengakibatkan sakit perut yang tak tertahankan, diare, perut kembung dan bahkan sembelit. Oleh karena itu, hindari stress guna menjaga kesehatan pencernaan Anda.

Rambut Rontok

Anda tidak ingin botak di usia muda? Hindari segala mhal yang bisa memicu stress. Perlu diingat bahwa stress sangat rentan sekali menyebabkan kebotakan. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena stress bisa mempengaruhi folikel rambut sehingga mengakibatkan rambut lebih mudah rontok. Perawatan rambut tidak berpengaruh terhadap kesehatan rambut jika Anda masih stress.

Keringat Berlebihan

Secara tidak disadari bahwa stress bisa mempengaruhi kelenjar minyak pada kulit sehingga produksinya berlebihan. Ketika seseorang stress maka keringat yang keluar dari tubuh bisa melebihi normalnya. Bahkan setiap saat berkeringat akibat stress. Hal ini mungkin terdengar sepele namun jika berlanjut bisa mempengaruhi kesehatan kuliit Anda sehingga memicu kerusakan pada kulit dalam jangka waktu yang lama.

Insomnia

Seseorang yang stress akan mengalami gejala susah tidur atau insomnia. Stres mempengaruhi hormone yang mengatur keseimbangan tidur. Jika stress maka hormone tersebut tidak akan bekerja sebagaimana seharusnya. Akibat kurang tidur sangat rentan sekali menyebabkan berbagai macam penyakit.

Kelelahan

Secara tidak langsung stress akan menguras energy Anda. Orang yang stress cenderung seringkali merasa kelelahan. Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa stress memicu gangguan tidur, nah hal ini salah satu faktor yang memicu kelelahan. Sebisa mungkin hindari stress. Jangan biarkan stress merusak kesehatan Anda.

Nah, itulah sebagian kecil dari masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat stress. Jangan pernah menyepelekan masalah kesehatan ini. Sebisa mungkin hindari hal-hal yang bisa memicu stress guna menjaga kesehatan tubuh untuk hidup yang lebih baik. Hidup sehat adalah hidup yang terbebas dari masalah kesehatan fisik dan mental.

Mulai saat ini terapkan gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi, rajin olahraga dan jauhi segala bentuk penyebab stress. Mudah sekali bukan? Tunggu apalagi, segera lakukan saat ini juga, jangan tunggu nanti atau esok. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This