Hindari Minum Air Putih Setelah Mengkonsumsi Makanan Pedes

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa kebanyakan orang menyukai makanan dengan citarasa pedas. Memang tidak lengkap rasanya jika tidak menambahkan rasa pedas kedalam masakan. Bahkan citarasa pedas merupakan salah satu makanan khas negeri kita ini yaitu sambal. Apakah Anda termasuk salah satu pecinta makanan pedes?

Apabila sudah mengkonsumsi makanan pedes maka minuman yang paling cocok mendampingi adalah air putih dingin. Akan tetapi ternyata minum air putih setelah mengkonsumsi makanan pedas itu tidak baik untuk kesehatan. Kebiasaan yang selama ini kita lakukan memang terbilang kurang tepat.

Air putih memang seringkali di pilih untuk menghilangkan rasa pedas. Menurut sebuah riset menunjukan jika kebiasaan tersebut ternyata tidak tepat dan justru akan membahayakan kesehatan. Mimun air putih setelah makan makanan pedas ternyata akan membuat rasa pedas tersebut menyebar ke seluruh bagian mulut dan bukan hanya di bagian lidah saja.

Seperti yang kita ketahui bahwa cabai mengandung Capsaicin sehingga akan mengenai reseptor yang merupakan bagian perasa nyeri di lidah. Reseptor tersebut dikenal dengan istilah TRPV1. Nah, reseptor tersebut akan mengirimkan impuls ke otak sehingga akan memberikan sensasi terbakar. Inilah mekanisme ketika kita mengkonsumsi makanan pedas.

Perlu Anda ketahui bahwa capsaicin merupakan molekul non-polar sehingga akan larut dalam zat non-polar juga. Air putih merupakan zat polar sehingga tidak akan bisa menghilangkan rasa pedas di mulut. Hal ini justru akan menyebarkan rasa pedas dan memberikan sensasi terbakar pada mulut. Bahkan sensasi terbakar tersebut akan menyebabkan Anda lebih mudah merasa haus.

Lalu jenis minuman apakah yang cocok untuk mengatasi rasa pedas? Jawabannya yaitu susu cair. Perlu Anda ketahui ,bahwa susu cair merupakan salah satu jenis minuman non-polar yang mengandung kasein sehingga bisa menetralkan capsaicin untuk menghilangkan sensasi terbakar pada mulut akibat makanan pedas.

Disamping itu, susu juga berfungsi untuk mencegah gangguan lambung akibat dari mengkonsumsi makanan pedas. Maka dari itu, ketika Anda mengkonsumsi makanan pedas, siapkan segelas susu untuk menetralkan rasa pedas tersebut. Selain itu, hindari minuman dingin karena tidak efektif untuk mengatasi ras pedas.

Mengganti air putih dengan segelas susu pada waktu menikmati makanan pedas adalah salah satu tindakan yang terbilang cukup efektif. Sensasi terbakar akibat makanan pedas bisa diminimalisir dengan konsumsi susu. Dalam hal ini Anda bisa memilih susu murni ataupun susu kemasan yang bisa Anda konsumsi.

Makanan pedas memang terasa enak untuk dikonsumsi, namun Anda harus membatasinya sebab bagaimanapun makanan pedas bisa membahayakan kesehatan, terutama saluran pencernaan seperti usus dan lambung. Dikhawatirkan bahwa makanan pedas bisa menyebabkan iritasi pada lambung.

Related Posts

Share This