Hindari Makanan Yang Tidak Sehat Untuk Pencernaan

Gangguan pencernaan sangat erat kaitannya dengan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Tidak bisa dipungkiri bahwa makanan memberikan dampak yang signifikan terhdap kesehatan pencernaan. Salah satu gangguan pencernaan seperti sembelit bisa disebabkan oleh jenis makanan yang tidak sehat.

Pada dasarnya pemilihan makanan yang tepat dengan kandungan serat tinggi akan membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda. Makanan yang dianjurkan untuk pencernaan yang sehat diantaranya yaitu sayuran, buah-buahan, gandum dan kacang-kacangan. Disamping itu, perbanyak juga supan cairan dengan mengkonsumsi air putih minimal 2 liter setiap hari.

Asupan makanan yang mengandung serat dan mencukupi kebutuhan cairan akan mendorong berjalannya limbah dari saluran pencernaan. Disamping itu, untuk memperoleh pencernaan yang sehat maka sekali-kali diperlukan asupan makanan/minuman yang mengandung probiotik. Bakteri baik memang dibutuhkan usus untuk membersihkan saluran pencernaan dari racun-racun yang berasal dari makanan yang bisa membahayakan kesehatan di area tersebut.

Menjaga kesehatan pencernaan memang identik dengan pemilihan makanan. Tingkat kehati-hatian Anda dalam memilih makanan tentunya sangat penting untuk memperoleh pencernaan yang sehat. Makanan yang tepat akan mencegah terjadinya iritasi dan penyakit pencernaan seperti diare atau sembelit.

Daftar Makanan Yang Mengganggu Kesehatan Pencernaan

Makanan Berlemak

Makanan yang mengandung kadar lemak tinggi tentunya tidak baik untuk kesehatan, terutama sistem pencernaan. Makanan berlemak pada dasarnya sulit untuk dicerna sehingga rentan menyebabkan sakit perut. Hindari konsumsi makanan yang mengandung kadar lemak/minyak tinggi. Sebisa mungkin Anda harus membatasi asupan makanan yang diolah dengan cara digoreng. Hal ini untuk memudahkan kinerja dari pencernaan Anda.

Makanan Tinggi Rempah

Banyak orang yang gemar menyantap makanan tinggi rempah seperti makanan pedas. Padahal jika dikonsumsi terlalu berlebihan, makanan tersebut beresiko menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare. Bahkan mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan bawang merah/putih beresiko mengganggu pencernaan.

Makanan Tinggi Asam

Makanan dengan kandungan asam tinggi bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare. Bahkan jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan tersebut bisa beresiko terjadi iritasi pada usus besar. Maka dari itu batasi asupan makanan yang mengandung asam terlalu tinggi untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda.

Kafein

Soda, kopi maupun teh merupakan kategori minuman yang tinggi kandungan kafein. Jika dikonsumsi terlalu berlebihan sangat beresiko terhadap gangguan kesehatan. Minuman tersebut cenderung menyebabkan gangguan pencernaan seperti mulas dan rasa tidak nyaman pada perut. Sebisa mungkin hindari jenis minuman tinggi kafein dan gantilah dengan minuman sehat berupa jus buah ataupun air putih yang sangat berguna untuk kesehatan pencernaan.

Demikian beberapa kategori makanan yang sebaiknya Anda hindari untuk mencegah gangguan pada pencernaan. Konsumsi makanan yang berserat tinggi menjadi salah satu kunci sukses untuk kesehatan pencernaan.

Related Posts

Share This