Hindari Kebiasaan Memberikan Susu Botol Pada Bayi Sambil Tidur

Kebanyakan orangtua mempunyai kebiasaan memberikan susu dalam botol untuk membuat bayi tenang dan tertidur pada malam hari. Namun tahukah Anda bahwa kebiasaan tersebut bisa membahayakan kesehatan si kecil, terutama kesehatan giginya. Hal ini karena air susu akan menggenang di dalam mulut sehingga memicu pertumbuhan bakteri. Kelompok bakteri tersebut memiliki kemampuan dalam mengubah kandungan gula pada susu menjadi senyawa asam yang bisa merusak enamel gigi dan bahkan menyebabkan infeksi pada gusi.

Kebiasaan memberikan susu botol sambil tidur tidak hanya membahayakan kesehatan gigi dan gusi. Akan tetapi kebiasaan tersebut juga bisa menimbulkan gangguan kesehatan lainnya seperti infeksi telinga. Hal ini karena air susu yang menggenang di dalam mulut akan masuk melalui saluran yang menghubungkan hidung dan telinga sehingga cairan susu akan memenuhi bagian telinga tengah. Jika terdapat cairan menggenang pada bagian telinga tengah maka akan memicu pertumbuhan bakteri. Selain itu, banyaknya cairan yang menggenang akan mempengaruhi pendengaran bayi.

Menangani Kebiasaan Minum Susu Sambil Tidur

Dalam menjaga kesehatan dan mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan memberikan susu botol sambil tidur. Ketika memberikan susu botol sebaiknya Anda sambil menggendong si kecil sehingga cairan susu tidak akan ada yang masuk ke saluran telinga. Selain itu, setelah memberikan susu sebaiknya Anda membersihkan mulut si kecil supaya tidak ada sisa-sisa air susu yang tertinggal yang bisa membahayakan kesehatan gigi. Berikut tips untuk menangani kebiasaan memberikan susu botol sambil tidur pada bayi.

  • Membuat jadwal minum susu sebelum tidur

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menerapkan kebiasaan minum susu sebelum jadwal tidur bayi. Dengan begitu si kecil tidak akan ketiduran dengan botol yang masih menempel di mulut. Selain itu, Anda juga memiliki banyak waktu untuk membersihkan mulut si kecil dari sisa-sisa air susu yang menempel.

  • Gunakan teknik menggendong

Ketika Anda menyusui atau memberikan susu botol sebaiknya menggendong bayi. Hal ini bertujuan agar posisi kepala bayi lebih tinggi dibandingkan dengan perutnya sehingga mengurangi resiko tersedak. Selain itu, posisi menggendong juga meminimalisir terjadinya genangan air susu di mulut bayi dan mencegah infeksi telinga.

  • Menjaga kebersihan mulut

Meskipun bayi Anda belum tumbuh gigi, namun setelah disusui sebaiknya Anda membersihkan gusi dan mulut sikecil dengan menggunakan kain lembut. Hal ini bertujuan supaya tidak ada sisa-sisa air susu yang bisa memicu pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Jika bayi Anda sudah mulai tumbuh gigi maka biasakan untuk merawat kebersihan giginya setelah minum susu dan sebelum tidur untuk mencegah kerusakan gigi sejak dini.

  • Berikan minum

Setelah bayi menghisap air susu sebaiknya Anda memberikan air putih menggunakan botol untuk membersihkan sisa-sisa susu dari dalam mulut bayi. Cara ini sebagai upaya untuk mencegah kerusakan gigi dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Related Posts

Share This