Hindari Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Kesehatan Kulit Wajah

Kesehatan kulit wajah adalah salah satu hal penting yang harus senantiasa dijaga dan dirawat dengan baik. Bagaimanapun kulit wajah tergolong sangat sensitif sehingga rentan terhadap kerusakan akibat radikal bebas. Bahkan tanpa disadari ada beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan kerusakan pada kulit wajah.

Salah satu kebiasaan yang beresiko terhadap kerusakan kulit wajah yaitu mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan minyak tinggi seperti gorengan. Kolesterol dalam makanan bisa mempengaruhi kesehatan kulit sehingga membuat kulit lebih cepat mengalami penuaan dini dan keriput.

Kebiasaan buruk yang dilakukan setiap hari tanpa disadari secara perlahan merusak elastisitas dan kekencangan kulit. Lama kelamaan kulit akan rusak dan terjadi penuaan dini. Bahkan pada kondisi lebih parah menyebabkan kanker kulit.

Daftar Kebiasaan Buruk Yang Merusak Kulit

  1. Menggunakan Riasan Secara Berlebihan

Penggunaan riasan atau make up yang terlalu berat sangat beresiko terhadap kerusakan kulit wajah. Hal ini akan menyebabkan pori-pori kulit wajah tertutup sehingga tidak bisa bernafas dan pada akhirnya memicu berbagai masalah kulit seperti jerawat.

  1. Kebiasaan Menyentuh Jerawat

Tanpa disadari bahwa kebiasaan menyentuh jerawat bisa menyebabkan kerusakan pada kulit wajah. Kebiasaan ini juga akan memperparah timbulnya jerawat pada wajah dan bahkan terinfeksi. Maka dari itu hindari kebiasaan buruk tersebut sebelum akhirnya berkembang menjadi lebih parah.

  1. Mengabaikan Penggunaan Sunblock

Pada saat bermain atau berjemur di pantai, sebaiknya gunakan sunblock untuk mencegah iritasi dan kerusakan kulit akibat sinar UV. Paparan sinar matahari yang terlalu terik bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

  1. Coba-coba Dengan Produk Baru

Bergonta-ganti kosmetik dan mencoba produk baru sangat rentan menyebabkan kerusakan pada kulit wajah. Kulit wajah tidak akan mudah beradaptasi dengan kosmetik yang Anda gunakan. Hal ini sangat rentan emnyebabkan kerusakan dan iritasi. Bahkan bisa memicu timbulnya berbagai masalah kulit seperti jerawat dan flek hitam.

  1. Merokok dan Mengkonsumsi Alkohol

Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol sangat beresiko terhadap kerusakan kulit wajah. Kebiasaan tersebut bisa menyebabkan elatisitas kulit berkurang dan kolagen tak diproduksi dengan baik sehingga rentan mengalami penuaan dini.

  1. Kurang Tidur dan Minum Air Putih

Kekurangan cairan bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan pada kulit wajah sehingga disarankan untuk mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari. Selain itu, penuhi juga waktu istirahat yaitu 8 jam per hari sehingga hal ini akan menghindarkan Anda dari kerusakan kulit wajah.

  1. Jarang Berolahraga

Olahraga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Jika aktivitas ini jarang dilakukan maka akan berdampak buruk terhadap kesehatan kulit wajah.

  1. Jarang Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur sebaiknya dikonsumsi secara rutin. Kandungan vitamin, mineral dan antioksidan pada buah berguna untuk mencegah radikal bebas yang bisa membahayakan kesehatan kulit.

Related Posts

Share This