Hindari Kebiasaan Buruk Ini Pada Waktu Makan

Makan merupakan salah satu kegiatan untuk memberikan asupan nutrisi bagi tubuh. Asupan makanan yang bergizi sangat diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan. Namun seringkali banyak orang yang mengabaikan kebutuhan gizi dan pola makan sehat. Hal ini tentunya akan berakibat terhadap kesehatan sehingga tubuh rentan terserang penyakit.

Faktor lain yang menyebabkan tubuh rentan terserang penyakit yaitu kebiasaan buruk pada waktu makan atau setelah makan. Kegiatan tersebut kadang tidak disadari sehingga sudah menjadi kebiasaan yang sulit untuk dirubah.

Kebiasaan Buruk Pada Waktu Makan

Kebiasaan Buruk Pada Waktu Makan

Makan dengan porsi yang berlebihan

Kebiasaan makan sambil menonton televisi terkadang akan membuat porsi makan manjadi tidak terkontrol. Makan dengan porsi yang banyak memang hak masing-masing orang, akan tetapi apabila hal tersebut menjadi sebuah kebiasaan maka akan berbahaya bagi kesehatan karena bisa menyebabkan obesitas.

Makan terlalu terburu-buru

Makan terlalu cepat merupakan kebiasaan buruk yang bisa berbahaya bagi kesehatan. Kebiasaan makan cepat tidak akan mengunyah makanan dengan sempurna sehingga hal ini akan mengakibatkan sistem pencernaan harus bekerja ekstra untuk menghancurkan makanan. Apabila kebiasaan ini terus berlanjut maka akan menimbulkan gangguan atau bahkan kerusakan pada sistem pencernaan. Selain itu, makan terburu-buru akan menyebabkan perut kembung akibat dari adanya penekanan udara yang berlebihan.

Kebiasaan makan pada malam hari

Sebagian orang mungkin mempunyai kebiasaan makan larut malam dengan berbagai alasan. Makan pada waktu sudah larut malam merupakan hal yang wajar karena rasa lapar bisa datang kapan saja tanpa mengenal waktu. Akan tetapi hal tersebut tidak boleh menjadi suatu kebiasaan karena bisa membahayakan kesehatan.

Pada malam hari proses metabolisme akan melemah sehingga apabila Anda mengkonsumsi makanan pada malam hari maka sistem pencernaan dan tubuh akan bekerja lebih keras untuk menyerap semua nutrisi. Hal ini tentunya akan membahayakan kesehatan sistem pencernaan dan akan berakibat padakesehatan tubuh. Orang yang mempunyai kebiasaan makan pada malam hari biasanya memiliki perut buncit karena proses pembakaran kalori tidak berjalan secara optimal.

Mengkonsumsi makanan hanya untuk menghilangkan stres

Setiap orang tentunya mempunyai permasalahan hidup yang membuat pikiran stres. Masing-masing orang mempunyai cara tersendiri dalam mengatasi stres. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi makanan tertentu. Akan tetapi tahukah Anda kalau kebiasaan mengkonsumsi makanan hanya untuk menghilangkan stres dapat membahayakan kesehatan. Hal ini karena ketika stres pastinya makanan yang dikonsumsi tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Biasanya makanan yang dikonsumsi berupa cemilan atau minuman yang mengandung zat berbahayan bagi kesehatan. Oleh karena itu bagi Anda yang mempunyai kebiasaan tersebut sebaiknya mengontrol atu menghentikan kebiasaan tersebut supaya tidak berdampak negative terhadap kesehatan.

Mengkonsumsi makanan mentah

Pada zaman sekarang pengolahan makanan sudah bermacam-macam dan bahkan banyak rumah makan cepat saji yang menyediakan makanan mentah yang siap dikonsumsi. Kebiasaan mengkonsumsi makanan mentah bisa berpengaruh terhadap kesehatan. Hal ini karena makanan mentah beresiko mengandung bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517