Hindari Kebiasaan Buruk Ini Agar Otak Tak Bermasalah

Kebiasaan dan pola hidup sehari-hari adalah salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Jika kita sudah terbiasa dengan menerapkan gaya hidup sehat maka kemungkinan akan terhindar dari resiko gangguan kesehatan.

Dalam kenyataannya penerapan gaya hidup sehat memang bukanlah hal yang sulit. Hanya saja kurangnya pemahaman dan komitmen yang kuat menjadikan hal ini terasa sangat sulit sehingga banyak orang yang mengabaikannya.

Perlu disadari bahwa pola hidup yang kita jalani sehari-hari akan memberikan pengaruh terhadap kesehatan tubuh dan juga otak. Seperti yang kita ketahui bahwa otak merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam mengontrol tindakan atau kinerja dari tubuh makhluk hidup.

Apabila otak mengalami masalah maka akan terjadi hambatan terhadap kinerjanya yang akan berpengaruh secara signifikan terhadap fungsi dari organ tubuh yang lainnya. Nah, secara tidak disadari sebenarnya banyak kegiatan sehari-hari yang mempengaruhi kesehatan otak manusia.

Secara tidak langsung kebiasaan buruk yang sering dilakukan akan menurunkan fungsi dan kemampuan otak untuk menjalankan tugasnya sehingga efeknya sulit berkonsentrasi dan kemampuannya menurun.

Kondisi-kondisi tersebut hendaknya disadari sejak dini dan segera diubah menjadi kebiasaan yang baik dan sehat untuk menunjang kinerja otak yang lebih baik. Lalu apa saja kebiasaan buruk yang sebenarnya bisa mempengaruhi kinerja otak?

Beberapa Kebiasaan Buruk Yang Berdampak Buruk Terhadap Kinerja Otak

Melewatkan Sarapan Pagi

Mungkin kebanyakan orang banyak yang tidak menyadari pentingnya sarapan pagi. Tidak mengherankan jika banyak yang melewatkan kebiasaan baik tersebut. Padahal sebenarnya sarapan pagi adalah salah satu hal yang sangat baik untuk kesehatan dan menunjang aktivitas di siang hari.

Jika Anda sering melewatkan sarapan pagi sehat maka dampaknya bisa menyebabkan tubuh kurang berenergi, kurang bergairah dan tentunya otak tidak bisa berkonsentrasi. Dengan kata lain bahwa tidak makan berarti tidak memberikan nutrisi untuk otak.

Maka dari itu jangan pernah melewatkan sarapan pagi sebelum jam 9. Dengan begitu maka Anda akan lebih berkonsentrasi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Tidur Telat

Seperti halnya tubuh, otak juga harus diistirahatkan selama kurang labih 6 hingga 7 jam per harinya. Nah, dengan tidur yang cukup maka akan memberikan waktu bagi otak besar dalam memperbaiki bagian dan sel-sel yang rusak pada tubuh.

Jangan membiasakan begadang atau tidur hingga larut malam. Kebiasaan buruk tersebut akan mempengaruhi kesehatan dan fungsi otak. Jika dilakukan terlalu sering maka fungsi otak secara perlahan akan menurun.

Makan Terlalu Berlebihan

Kaitan makan terlalu berlebihan dan tidak terkontrol dengan kesehatan otak memang sangat erat. Jika mengkonsumsi makanan terlalu berlebihan dan tidak pilah-pilih maka akan mengakibatkan berbagai penyakit pada tubuh yang akhirnya pasokan nutrisi bagi otak terhambat. Hal inilah yang secara perlahan akan membuat kemampuan terbaik otak menurun secara perlahan.

Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi sangat buruk bagi kesehatan otak. Kemampuan otak akan menurun akibat ada sel-sel yang mengalami kerusakan yang menghambat pasokan nutrisi ke otak. Batasi konsumsi gula dan pilihlah jenis gula yang rendak kalori.

Kurang Minum

Anjuran untuk minum 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari memang sangat tepat. Hal ini karena jika Anda kekurangan pasokan cairan kedalam tubuh maka dampak buruknya yaitu bisa menyebabkan dehidrasi sehingga nutrisi yang dibutuhkan otak akan menurun. Karena apa? Hal ini karena tubuh tidak bisa mengalirkan nutrisi ke otak akibat tekanan darah tidak normal.

Nah, demikian beberapa kebiasaan buruk yang perlu dihindari supaya fungsi otak tidak terganggu. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517