Hindari Infeksi Dengan Menjaga Jahitan Setelah Operasi Caesar

Salah satu hal yang harus kita lakukan setelah operasi caesar yaitu menjaga luka bekas jahitan kita agar tidak terinfeksi oleh jamur atau bahkan bakteri yang menyerang tubuh.

Pasalnya, kulit kita akan melincungi bagian organ internal dari infeksi. Oleh karena itu, jahitan operasi caesar bisa membuat keadaan kulit kita menjadi rusak dikarenakan adanya luka sayatan, dan akibatnya resiko terkena infeksi akan semakin meningkat.

Oleh karena itu, perawatan yang tepat dalam proses penyembuhan pasca operasi caesar sangat di butuhkan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadinya iritasi atau bahkan infeksi terhadap luka tersebut.

Jahitan setelah operasi caesar umumnya akan dicabut dalam waktu 4-6 hari pasca operasi, dan setelah masa pencabutan ini, maka proses pemulihan sebenarnya akan berjalan secara perlahan. Dan biasanya, perban yang digunakan untuk menutupi luka akan dicabut oleh tim medis setelah 7 hari pasca operasi. Maka dari itu, selama masa ini, Anda harus benar-benar menjaga luka tersbeut agar tetap dalam kondisi yang kering.

Bagaimana jika hendak mandi? Ketika Anda akan mandi, Anda hanya cukup menyeka bagian tubuh tertentu saja dengan menggunakan handuk yang telah di basahi, hal ini guna menghindari luka dari kontak secara langsung dengan air. Atau bahkan Anda juga bisa melapisi luka Anda dengan menggunakan plastic bening agar terhindar dari air.

Bukan hanya menjaga agar keadaan luka tetap dalam kondisi yang kering, Anda juga bisa melakukan beberapa cara agar luka jahitan operasi caesar bisa dengan cepat sembuh, yaitu sebagai berikut:

  1. Membersihkan Luka Jahitan

Anda dianjurkan untuk membersihkan luka bekas jahitan operasi setidaknya dua kali dalam satu hari, hal ini bertujuan agar kondisi luka tetap bersih serta bisa terhindar dari infeksi.

Cara dalam membersihkan luka jahitan bekas operasi jahitan sebenarnya susah-susah gampang, Anda harus berhati-hati dalam melakukannya. Cukup basahi cotton bud dengan tetesan cairan antibiotik yang memang telah diresepkan oleh dokter.

Setelah itu, usapkan secara perlahan serta merata kebagian luka jahitan, dan tunggu sampai benar-benar mongering sebelum Anda menutupnya kembali dengan menggunakan perban.

Bukan hanya itu, Anda juga harus mematsikan kalau Anda tidak meniup luka tersebut atau bahkan mengusapnya dengan menggunakan tisu, karena hal ini bisa menyebabkan terjadinya infeksi pada luka operasi Anda.

  1. Makan Makanan yang Mempercepat Penyembuhan Luka

Guna mempercepat penyembuhan luka jahitan setelah operasi caesar, maka Anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi sejumlah makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik juga berimbang. Anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin A serta vitamin C juga gandum utuh, seperti sereal dan roti gandum untuk sarapan.

Nah, jika setelah 7 hari pasca operasi perban sudah bisa dilepas, maka anda sudah bisa melakukan aktivitas normal seperti biasanya. Namun usahakan untuk tetap berhati-hati, serta tidak melakukan aktivitas atau pekerjaan yang terlalu berat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517