Hindari 7 Kesalahan Saat Menggosok Gigi yang Dapat Merusak Kesehatan Gigi Anda

Menggosok gigi adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi. Perlu Anda ketahui bahwa kesehatan gigi dan mulut adalah sala satu hal penting karena akan berdampak terhadap kesehatan yang lainnya. Namun seringkali dalam menggosok gigi banyak kesalahan yang tanpa disadari oleh hampir semua orang. Apa saja kesalahan tersebut?

Menyikat gigi memang sudah menjadi rutinitas setiap orang dalam keseharian. Namun kebanyakan dari kita melakukan hal tersebut dengan cara yang tidak benar dan cenderung asal-asalan sehingga berdampak terhadap kesehatan.

Nah, berikut ini beberapa kesalahan yang harus dihindari pada waktu menggosok gigi:

1. Pemilihan Sikat Gigi Yang Tidak Tepat

Sikat gigi memiliki banyak ukuran, namun seringkali banyak orang yang tidak paham dengan ukuran yang tepat. Dalam upaya untuk menjaga kebersihan gigi maka perlu memilih ukuran sikat gigi yang tepat. Ukuran sikat gigi yang terlalu kecil tidak akan membersihkan secara maksimal dan sikat gigi yang terlalu besar juga tidak baik.

2. Bulu Sikat Yang Tidak Tepat

Selain ukuran, bulu sikat juga harus diperhatikan karena pemilihan yang tidak tepat bisa berakibat terhadap kesehatan gigi. Menurut dokter gigi merekomendasikan bahwa bentuk bulu sikat yang miring adalah yang terbaik untuk membersihkan semua bagian gigi.

3. Teknik Yang Salah

Terkadang kebanyakan orang hanya sekedar menyikat gigi tanpa memperhatikan teknik menyikat yang benar. Hal inilah yang menyebabkan kerusakan gigi pada kebanyakan orang. Maka dari itu, lakukan teknik yang benar dalam menggosok gigi supaya terhindar dari kerusakan gigi.

4. Waktu Menggosok Gigi

Pakar kesehatan menyarankan untuk menyikat gigi dua kali sehari yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk mencegah plak dan kuman yang bisa merusak gigi akibat sisa-sisa makanan yang tertinggal di gigi.

5. Terlalu Sering Menggosok Gigi

Menggosok gigi terlalu sering bukan cara yang benar karena justru akan menyebabkan kerusakan pada gigi. Menyikat gigi maksimal hanya boleh dilakukan sebanyak 3 kali sehari. Terlalu sering menggosok gigi bisa memicu kerusakan.

6. Menyimpan Sikat Gigi Dalam Keadaan Basah

Kondisi sikat gigi yang basah akan menjadi sarang bakteri sehingga hal ini bisa memicu infeksi pada gigi dan gusi ketika Anda menggunakannya. Maka dari itu, usahakan setelah menggunakan sikat gigi untuk dikibaskan. Pastikan sikat gigi kering dan tidak ada air yang tertinggal.

7. Telat Mengganti Sikat Gigi

Mengganti sikat gigi harus dilakukan secara rutin. Ahli kesehatan menyarankan supaya mengganti sikat gigi maksimal 3 bulan sekali. Bahkan jika sikat gigi sudah mulai tidak beraturan bagian bulunya maka segara ganti dengan yang baru. Kondisi sikat gigi yang sudah tidak layak bisa memicu kerusakan gigi dan gusi pada waktu Anda menggunakannya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517