Hebatnya Manfaat Pisang Untuk Diet

Berat badan berlebih adalah salah satu musuh bagi wanita. Biasanya wanita sangat sensitif dalam hal urusan berat badan. Hal ini karena memiliki berat badan yang ideal akan membuat penampilan terlihat lebih cantik dan menambah rasa percaya diri. Banyak cara yang ditempuh untuk mendapatkan berat badan ideal, salah satunya yaitu dengan menjalani program diet. Namun terkadang banyak yang salah kaprah dalam menerapkan program tersebut sehingga akhirnya membahayakan kesehatan. Nah, yang akan penulis ulas pada kesempatan ini yaitu manfaat pisang untuk diet.

Mengenai manfaat buah pisang untuk diet memang masih ada perdebatan, sebab ada sebagian yang berpendapat bahwa ketika diet sebaiknya tidak mengkonsumsi pisang. Mengapa demikian? Hal ini karena kandungan karbohidrat pada buah pisang terlalu tinggi. Sedangkan di sisi lain banyak yang berpendapat bahwa pisang justru baik untuk diet.

Fakta tentang buah pisang, sama halnya dengan buah-buahan pada umumnya, pisang juga sangat kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral. Nah, berikut ini beberapa manfaat buah pisang yang bisa Anda peroleh dalam menjalankan program diet.

Kandungan Serat

Buah pisang tinggi akan kandungan serat yang berguna untuk menjaga kesehatan sitem pencernaan, terutama usus. Kandungan serat tersebut sangat bagus untuk mendukung program diet. Selain itu, serat pada buah pisang menurunkan resiko penyakit berbahaya seperti kanker dan diabetes. Serat pada buah pisang dikenal sebagai pati resisten  yang berguna untuk menyediakan cadangan makanan untuk bakteri baik yang bertugas memperlancar pencernaan.

Tinggi Kalium

Buah yang satu ini sangat tinggi akan kandungan kalium. Mineral penting yang satu ini diperlukan tubuh untuk membantu kesehatan pencernaan. Disamping itu kalium juga akan berperan untuk menyeimbangkan cairan tubuh sehingga mensukseskan program diet Anda.

Rendah Kalori

Banyak orang yang berpendapat jika buah yang satu ini mengandung banyak kalori sehingga tidak baik untuk diet. Hal ini memang benar bahwa pisang mengandung karbohidrat/kalori tinggi. Namun meskipun begitu, kalori tersebut tidak akan mengganggu program diet Anda. Justru dengan mengkonsumsi buah pisang akan mensukseskan program yang Anda jalani.

Rendah Lemak

Pisang tergolong buah yang rendah lemak. Dalam satu buah pisang yang berukuran sedang terdapat sekitar 0.5 gram lemak. Hal ini tentunya sangat cocok untuk dikonsumsi pada waktu diet.

Mengandung Banyak Gizi

Kandungan gizi pada buah pisang sangat banyak dan berlimpah. Diantaranya yaitu vitamin C, vitamin A, vitamin B, magnesium, serat, folat, vitamin B6, potassium dan mineral penting lainnya. Nah, ragam nutrisi tersebut sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi pada waktu diet. Kandungan vitamin C akan bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun dan membantu pembentukan kolagen.

Related Posts

Share This