Hati-hati Terhadap Bahaya Bedak Bayi

Bahaya bedak bayi untuk bayi yang baru lahir mungkin tidak semua orangtua paham dan menyadari hal tersebut. Penggunaan bedak bayi memang menjadi ciri khas setiap orangtua dalam melakukan perawatan bayi. Biasanya bedak bayi ditaburkan setelah mandi pada hampir semua bagian tubuh yaitu badan, tangan, punggung, kaki dan bahkan muka.

Sebagian orang berpendapat bahwa pemberian bedak pada bayi menjadi symbol bahwa si kecil baru saja mandi. Selain itu, pemberian bedak akan membuat tubuh bayi menjadi wangi dan fresh. Nampaknya pemberian bedak bayi sudah menjadi suatu kebiasaan yang turun temurun sejak dulu. Namun, apakah tindakan tersebut baik dan tidak membahayakan kesehatan si kecil?

Perlu Anda ketahui bahwa bedak bayi memiliki kandungan utama berupa talc atau mineral yang mengandung silica magnesium. Nah, batuan mineral yang ditaburkan ke atas permukaan tubuh tersbeut akan menguap dan sebagian mengendap. Proses pengendapan tersebut dianggap sebagai sesuatu oyang berbahaya untuk kesehatan bayi.

Inilah Bahaya Penggunaan Bedak Bayi Untuk Bayi Baru Lahir

  1. Penyebab Pneumonia

Bedak yang ditaburkan pada bayi sebagian partikelnya akan mengendap dan menguap. Prose talc yang menguap tentunya rentan terhirup oleh bayi sehingga hal ini akan terjadi penumpukan pada paru-paru. Apabila kondisi tersebut berlangsung dalam jangka panjang maka kemungkinan akan menyebabkan pneumonia.

  1. Pemicu Kematian Bayi

Mungkin Anda tidak akan menduga jika bedak bayi bisa menyebabkan kematian? Seperti yang dijelaskan pada poin pertama, bedak bayi yang ditaburkan akan menguap dan mengendap. Partikel yang  menguap dan banyak terhirup oleh bayi kemungkinan bisa menyebabkan keracunan hingga kematian.

  1. Kanker Paru-paru

Bedak bayi yang terhirup dan mengendap lama kelamaan akan memicu timbulnya sel-sel kanker pada bayi. Salah satunya kyaitu pada sistem pernapasan mengakibatkan kanker paru-paru.

  1. Mengeringkan Selaput Lendir

Fakta yang lainnya mengenai bedak bayi yaitu akan berdampak terhadap selaput lendir di dalam tubuh. Jika terus menerus menghirup bedak tersebut maka lama kelamaa selaput lendir kering. Padahal selaput lendir sangat diperlukan untuk menyaring kotoran yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Susah Bernafas

Akibat penggunaan bedak tabur secara terus menerus maka kemungkinan bayi akan kesulitan bernafas akibat terlalu sering menghirup kandungan zat kimia dari bedak tersebut. Partikel dari bedak bisa masuk kedalam tubuh sehingga menghambat jalan pernafasan.

  1. Resiko Imflamasi

Jika bedak terhirup dan masuk kedalam tubuh maka secara tidak langsung akan melakukan reaksi perlawanan terhadap partikel tersebut sehingga terjadi peradangan atau imflamasi.

Nah, demikian beberapa bahaya penggunaan bedak untuk bayi yang baru lahir. Bersikap bijaklah dalam menggunakan bedak bayi dan lakukan konsultasi dengan dokter spesialis kesehatan anak.

Related Posts

Share This