Hati-hati Menggunakan Lensa Mata Bisa Sebabkan Bahaya

Penggunaan lensa mata nampaknya sudah menjadi trend baru di zaman modern ini. Pada awalnya lensa kontak di fungsikan untuk menolong mereka yang mengalami kelainan pada mata seperti mata minus, namun kini fungsi tersebut nampaknya sudah berubah. Banyak orang yang menggunakan lensa kontak hanya sekedar mengikuti trend dan perkembangan zaman saja. Kondisi tersebut tentunya perlu mendapat perhatian yang serius sebab memiliki dampak negatif jika penggunaan terus menerus dalam jangka panjang.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan lensa kontak yaitu faktor kebersihan dan higienitasnya. Penanganan yang tidak tepat bisa memicu adanya bakteri atau kuman yang ikut masuk ke dalam mata. Apabila hal ini terjadi maka bisa berakibat fatal dan memperparah gangguan mata. Bahkan pada kondisi yang lebih serius bisa menyebabkan kebutaan hingga kasus kematian.

Jika kebersihan kontak lensa tidak diperhatikan maka kemungkinan bakteri dan kuman akan berpindah dari tangan yang kemudian menetap pada lensa. Saat dikenakan maka bakteri tersebut akan menginfeksi mata dan menyebabkan gangguan mata yang lebih serius. Disamping itu, kebersihan dari tempat penyimpanan lensa kontak juga perlu diperhatikan dan harus dipastikan terbebas dari bakteri.

Berikut Ini Bahaya Menggunakan Lensa Kontak Yang Tidak Tepat

  • Kerartitis

Penggunaan lensa kontak yang tidak memperhatikan aspek higienitas bisa berpotensi menyebabkan alergi bakteri. Terlebih lagi jika Anda menggunakan lensa kontak dengan intensitas yang sering maka hal ini akan memungkinkan perpindahan bakteri. Apabila bakteri sudah berkembang pada mata maka hal ini kemungkinan bisa menyebabkan kerartitis. Bakteri yang menyebabkan kerartitis yaitu jenis pseudomonas dan Acanthamoeba. Pada kondisi oyang lebih parah, kerartitis bisa sebabkan kebutaan.

  • Iritasi dan Mata Merah

Bahaya selanjutnya yaitu menyebabkan iritasi dan mata merah. Penggunaan lensa mata yang kurang tepat dan tidak sesuai dengan kebutuhan memang membahayakan kesehatan mata. Iritasi tersebut disebabkan akibat dari tidak teliti dan kurang menjaga kebersihan lensa kontak sehingga kemungkinan debu ikut masuk ke mata dan sebabkan iritasi. Oleh karena itu, pergunakan lensa kontak sesuai kebutuhan dan bukan hanya sekedar untuk bergaya saja.

  • Lensa Terkoyak

Menggunakan lensa kontak tanpa kenal waktu berpotensi menyebabkan lensa terkoyak. Kejadian seperti ini sering ditemukan ketika menggunakan lensa saat tidur. Perlu Anda ketahui bahwa saat tidur lensa mata bergerak sehingga memungkinkan terpecah di dalam mata. Kondisi seperti ini membahayakan dan bisa menyebabkan lensa mengering di dalam mata. Maka dari itu sebaiknya gunakan lensa mata secara bijak dan lepaskan ketika akan pergi tidur.

Nah, demikian bahaya yang ditimbulkan akibat penggunaan lensa kontak yang tidak tepat. Pertimbangkanlah jika Anda ingin menggunakan lensa mata, jika mata Anda tidak mengalami gangguan sebaiknya tidak usah menggunakan lensa tersebut.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517