Hati-hati Bunda, Ternyata Bantal Untuk Bayi Juga Berbahaya Untuk Kesehatan

Pentingkah penggunaan bantal untuk bayi? Banyak orang yang beranggapan bahwa menggunakan bantal dengan bentuk hurup U bisa membantu kepala bayi supaya terbentuk bundar. Perlu Anda katahui bahwa anggapan tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Bahkan para pakar kesehatan justru tidak menganjurkan penggunaan bantal untuk bayi sebelum berusia 2 tahun.

Pada dasarnya bentuk kepala bayi yang baru lahir kbelum sepenuhnya sempurna akibat proses kelahiran dan alat bantu persalinan. Dalam hal ini kepala kbayi membutuhkan waktu untuk beradaptasi dan mengalami perubahan ke bentuk yang ideal.

Bentuk kepala bayi akan mengalami perubahan seiring dengan berjalannya waktu, maka dari itu Anda tidak perlu menggunakan bantal khusu karena justru bisa membahayakan kesehatan bayi. Nah, berikut ini bahaya penggunaan bantal berbentuk huruf U bagi bayi yang harus Anda ketahui.

  1. Penggunaan bantal berpotensi terhadap bahaya sesak napas dan tersedak.
  2. Apabila bayi diletakkan ditengah bantal yang berbentuk huruf U maka akan kesulitan untuk memutar dan membalikan kepala ke salah satu sisi pada waktu bayi mengalami gumoh. Nah, kondisi tersebut yang akan membahayakan bayi sehingga tersedak akibat muntahan.
  3. Jika bantal robek dan isi bantal keluar maka beresiko masuk ke bagian mulut serta hidung sehingga bayi tersedak.
  4. Bahkan yang lebih berbahaya adalah resiko kematian mendadak pada bayi.

Kematian bayi secara mendadak dikaitkan dengan dengan penggunaan bantal pada bayi yang berusia dibawah 2 tahun. Hal ini karena permukaan bantal yang lembut dan adanya benda lain disekitarnya menyebabkan sekat kecil disekitar mulut bayi sehingga menghambat hembusan napas.

Dampaknya yaitu bayi akan menghirup hembusan napasnya sendiri. Kondisi tersebut menyebabkan terjadinya penurunan kadar oksigen dan menyebabkan karbondioksida terakumulasi. Nah, akibat kekurangan oksigen tersebut yang menyebabkan bayi mengalami kematian secara mendadak.

Perhatikan tips menggunakan bantal untuk bayi berikut Ini

Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dalam menggunakan bantal untuk bayi supaya tidak membahayakan kesehatan dan keselamatannya. Berikut tipsnya.

  • Pilih jenis bantal yang memiliki isian tidak menyebabkan alergi pada bayi atau hipoalergenik.
  • Pilih bantal berukuran kecil dengan sarung bantal halus.
  • Hindarkan semua bantal dari keranjang tempat tidur bayi pada malam hari dan ketika tidak Anda awasi.
  • Bantal boleh digunakan apabila Anda mengawasinya. Jika bayi tidur tanpa pengawasan sebaiknya hindarkan bantal.
  • Jangan menggunakan bantal yang terbuat dari bahan polyester karena bisa menyebabkan terjadinya iritasi. Pilihlah bantal dari kain katun.
  • Hindari penggunaan bantal apabila bayi sedang berada didalam ayunan.
  • Hindari juga penggunaan bantal yang memiliki aksesoris seperti manic-manik atau kancing-kancing kecil dan dekorasi jahitan.

Nah, itulah bahaya dan tips penggunaan bantal untuk bayi yang berusia dibawah 2 tahun. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This