Harus Anda Ketahui, Inilah Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil!

Pisang merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa tumbuh hampir di seluruh wilayah negri ini. Buah yang satu ini cukup popular sebab rasanya enak dan juga memiliki manfaat yang luar biasa. Pisang tergolong buah yang baiik untuk dijadikan camilan dan juga salah satu menu untuk diet. Terkait dengan hal itu, manfaat pisang untuk ibu hamil juga amatlah melimpah dan menjadi salah satu  buah yang direkomendasikan.

Bahkan menurut National Institutes of Health merekomendasikan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi sebanyak 3 – 4 buah pisang setiap harinya. Hal ini karena kandungan nutrisi pada buah pisang memiliki manfaat yang luar biasa untuk ibu hamil dan janin. Pisang yang berukuran sedang memiliki kandungan sekitar 105 kalori yang terbilang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil. Selain itu, pisang juga rendah lemak sehingga aman untuk dikonsumsi ibu hamil.

Nutrisi yang terkandung pada buah pisang diantaranya yaitu vitamin C, vitamin B, kalsium, serat, folat dan beberapa mineral penting lainnya. Lalu apa saja manfaat yang bisa diperoleh ibu hamil dengan mengkonsumsi pisang? Berikut ini manfaatnya!

Asam Folat

Salah satu manfaat mengkonsumsi pisang bagi ibu hamil yaitu asam folat. Seperti yang kita ketahui bahwa asam folat tergolong nutrisi penting dalam kehamilan. Fungsinya yaitu untuk perkembangan saraf, otak dan sumsum tulang belakang. Kebutuhan asam folat penting untuk dipenuhi sebagai upaya untuk mencegah bayi cacat lahir atau lahir prematur.

Mencegah Anemia

Pisang mengandung mineral penting yaitu zat besi yang berguna untuk membantu pembentukan hemoglobin darah. Hal ini tentunya sangat berguna untuk mencegah penyakit anemia pada ibu hamil yang bisa membahayakan perkembangan janin. Jika terjadi defisiensi zat besi maka bisa mengakibatkan komplikasi kehamilan.

Sumber Kalium

Kalium yang terkandung pada buah pisang cukup tinggi. Dalam 1 buah pisang terdapat sekitar 200 – 350 mg kalium. Angka tersebut cukup untuk memenuhi sekitar 12% kebuhan kalium harian ibu hamil. Manfaatnya yaitu untuk mengajaga dan mengontrol keseimbangan tekanan darah. Disamping itu kalium juga berguna untuk membantu pertumbuhan ginjal dan syaraf janin.

Sumber Serat

Pisang menyediakan sekitar 2,3 gram serat sehingga bisa mencukupi sekitar 10% kebutuhan serat harian bagi ibu hamil. Banyak manfaatnya yang salah satunya yaitu untuk meminimalisir keluhan seputar kehamilan dalam hal pencernaan yaitu sembelit diawal dan akhir kehamilan.

Sumber Vitamin C

Semua jenis buah tentunya mengandung vitamin C, begitupun dengan pisang. Dalam 1 buah pisang terdapat 10 mg vitamin C sehingga bisa memenuhi sekitar 25% kebutuhan vitamin C harian. Manfaatnya sangat beragam yang salah satunya yaitu sebagai antioksidan untuk meningkatkan imun tubuh sehingga ibu hamil tidak mudah sakit. Hal ini akan menghindarkan ibu hamil dari resiko penyakit jantung, kanker maupun taksoplasma.

Related Posts

Share This