Hamil Anak Kembar? Inilah Beberapa Hal yang Harus Anda Perhatikan!

Apakah Anda hamil anak kembar? Mungkin ketika Anda mengetahuinya, hal tersebut merupakan bentuk keistimewaan tersendiri bagi Anda juga keluarga. Istimewa bukan hanya karena keadaan janin yang kembar, akan tetapi juga perhatian lebih yang juga akan diberikan kepada ibu hamil anak kembar.

Hamil bayi kembar atau bahkan juga bisa di sebut dengan kehamilan ganda atau bahkan hamil multiple, yakni suatu keadaan sederhana di mana adanya dua janin atau bahkan lebih di dalam raihm.

Kehamilan kembar ini termasuk ke dalam kelompok kehamilan yang memiliki resiko yang tinggi, akan tetapi jika kehamilan kembar tersebut mendapatkan perhatian yang lebih dan di rawat secara intensif sejak awal, maka Anda bisa melewati masa kehamilan kembar dengan nyaman, aman juga menyenangkan.

Nah, di bawah ini ada beberapa hal yang kerap kali dipertanyakan oleh ibu hamil kembar terkait hal apa saja yang perlu di lakukan oleh ibu hamil kembar, yaitu sebagai berikut:

  1. Apa yang harus dilakukan ibu dengan kehamilan kembar?

Sama halnya dengan kehamilan tunggal, maka kehamilan kembar juga membutuhkan pemantauan yang baik sejak dini. Pemeriksaaan kehamilan kembar yang di lakukan secara teratur juga rutin harus benar-benar diperhatikan guna menghindari komplikasi atau beberapa hal yang tidak di inginkan.

Ibu hamil kembar bahkan di sarankan untuk memeriksakan kehamilannya kepada bidan atau bahkan dokter kandungan setidaknya 4 kali pemeriksaan selama masa kehamilan.

  1. Bila mengalami anemia saat hamil kembar, apa yang perlu diperhatikan?

Ketika Anda mendapatkan kehamilan kembar, pastinya Anda akan membutuhkan asupan zat besi juga asam folat yang jauh lebih tinggi jika di bandingkan dnegan kehamilan normal atau tunggal. Jika asupan makanan yang bergizi, terutama yang memiliki kandungan asam folat serta zat besi tidak bisa terpenuhi dengan baik, maka bisa meningkatkan resiko terjadinya anemia pada ibu hamil.

Dalam kunjungan pemeriksaan ibu hamil, umumnya ibu hamil akan memperoleh sumpelen zat besi. Kebutuhan akan zat besi ini juga bisa bumil peroleh dari mengkonsumsi sayuran yang berwarna daun hijau, kuning telur, kacang tanah, kurma, ikan laut dan juga masih banyak lagi.

  1. Benarkah kehamilan kembar dapat menyebabkan persalinan prematur?

Kehamilan kembar memang menjadi salah satu faktor utama penyebab terjadinya proses persalinan premature. Distensi rahim pada dasarnya berhubungan dengan peregangan juga tekanan yang berlebihan pada bagian rahim yang memang diakibatkan oleh hamil kembar dengan dua janin atau bahkan lebih.

Dan distensi inilah yang nantinya bisa menimbulkan terjadinya kontraksi palsu yang jauh lebih dini, sehingga bisa memicu terjadinya persalinan bayi premature.

Pada kondisi ini, ibu hamil tidak perlu merasa khawatir, karena yang paling utama yaitu Anda bisa memperhatikan kesehatan fisik juga persiapan psikologis Anda jika memang persalinan akan dimulai lebih awal.

  1. Bagaimana cara menjaga kesehatan mental selama menjalani kehamilan kembar?

Hamil kembar merupakan salah satu anugerah terbesar yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa. Oleh karena itu, ibu hamil kembar sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh mereka, terutama kesehatah mental juga spiritual bumil, agar kehamilan kembar yang di alami bisa berlangsung dengan aman juga membahagiakan.

Related Posts

Share This