Hamil 8 Bulan: Ini Dia Keluhan yang Sering Dialami Oleh Ibu Hamil 8 Bulan

Hamil 8 bulan. Ketika Anda mulai memasuki usia 8 bulan masa kehamilan Anda, jangan heran jika ada beberapa hal yang pastinya akan Anda rasakan. Bahkan tantangan sebagai seorang ibu di usia kehamilan ini akan terus bertambah. Bukan hanya mudah lelah, susah untuk bergerak, susah tidur, terkadang sesak untuk bernapas, ibu hamil 8 bulan juga akan mengalami yang namanya sakit di bagian bawah perut. Dan kondisi ini ternyata merupakan kondisi yang paling umum dialami oleh ibu hamil, dan bukan masalah yang serius.

Nah, bagaimana jika sewaktu hamil mengalami sakit gigi atau bahkan pusing yang tidak tertahankan, apakah boleh mengkonsumsi obat untuk meredakan rasa sakit tersebut? Sebenarnya ketika Anda sakit kepala atau bahkan sakit gigi sewaktu ibu hamil 8 bulan, Anda sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai jenis obat yang mengandung bahan kimia. Karena obat-obatan yang memiliki kandungan bahan kimia sangat tidak baik untuk pertumbuhan juga perkembangan janin dalam kandungan, apalagi jika obat yang Anda konsumsi tidak berdasarkan resep dokter.

Nah, jika Anda memang ingin meredakan rasa sakit yang Anda alami dan hendak mengkonsumsi obat, sebaiknya Anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda. Namun jika keadaan mendesak, maka Anda juga bisa mengkonsumsi paracetamol, karena jenis obat ini cukup aman untuk Anda konsumsi sewaktu hamil. Namun dengan begitu, Anda juga tetap harus memperhatikan dosis penggunaan obat tersebut dan tetap harus berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda.

Bagaimana dengan keluhan hamil 8 bulan yang mana bagian perut bawah terasa sangat linu bahkan terasa sakit? Ketika usia kandungan Anda memasuki usia 8 bulan kehamilan, umumnya posisi kepala si janin sudah mengubah posisinya menjadi di bawah. Nah, akibat adanya tekanan kepala yang sudah berada di bawah ini lah, maka ibu hamil akan jauh lebih sering merasakan sakit atau bahkan linu di bagian perut bawah. Bukan hanya itu, di masa atau di usia kehamilan ini Anda juga akan merasakan BAK yang juga lebih sering dialami.

Dengan keadaan perut yang terus membesar setiap harinya, maka ibu hamil biasanya akan mengalami kesulitan untuk berjalan, mudah merasa lelah, mengalami nyeri pada bagian punggung, serta bisa mengalami pembengkakan pada bagian pergelangan kaki, dan kondisi ini merupakan hal umum yang dialami oleh ibu hamil 8 bulan, dan Anda tidak perlu merasa khawatir akan kondisi ini, karena nantinya kondisi ini akan membaik dengan sendirinya tanpa harus mengkonsumi obat-obatan kimia.

Ketika Anda mulai memauski usia kehamilan 8 bulan, bagian sendi-sendi yang berada di balik panggul juga akan mengalami yang namanya pelonggaran. Kondisi ini merupakan salah satu bentuk persiapan tubuh untum menyambut masa persalinan kelak. Dan hal inilah yang merupakan penyebab munculnya rasa linu pada bagian panggul.

Keluhan-keluhan ini bisa di katakana sebagai keluhan yang sangat wajar, yang mana sering terjadi di masa kehamilan 8 bulan. Namun jika keluhan yang Anda alami terasa sangat menyiksa, sehingga Anda sulit untuk melakukan berbagai bentuk aktivitas, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri pada dokter.
Nah, di bawah ini ada beberapa hal yang memang bisa Anda lakukan di usia kehamilan 8 bulan, yaitu sebagai berikut:

  1. Melakukan senam kegel
  2. Mengkonsumai makana nyang memiliki kandungan nutrisi yang baik
  3. Melakukan pijat perineum guna mencegah terjadinya robekan pada jalan lahir.
  4. Mengajak janin dalam kandungan Anda untuk berbincang.
  5. Melakukan latihan menyusui.
  6. Serta mempersiapkan perlengkapan Anda dan bayi ketika masa persalinan datang.

Related Posts

Share This