Hamil 5 Minggu: Tanda Apa Saja Yang Dirasakan?

Hamil 5 minggu tentunya sudah bisa dirsakan dengan jelas, bahkan setelah Anda melakukan pemeriksaan dokter yang menunjukan bahwa janin di dalam rahim berkembang dengan baik. Kabar baik mengenai tumbuh kembang janin tentunya akan membuat perasaan Anda bahagia. Namun terkdang banyak yang kebingungan untuk melakukan tindakan apa ketika usia kehamilan memasuki 5 minggu.

Sebelumnya penting sekali bagi Anda untuk mengenali tanda hamil 5 minggu sehingga tidak akan merasa kaget dan khawatir dengan perubahan yang terjadi. Gejala yang sering muncul pada usia kehamilan 5 minggu secara umum adalah gejala morning sickness berupa mual, muntah dan sering kelelahan.

Perubahan fisik maupun psikis pada usia kehamilan 5 minggu tidak terlepas dari peran serta hormone kehamilan. Hormon tersebut menyebabkan tanda tanda hamil 5 minggu dan yang paling identik salah satunya intensitas buang air kecil menjadi lebih sering dari sebelumnya.

Berikut Gejala dan Tanda Tanda Hamil 5 Minggu Yang Bisa Anda Kenali

Air Liur Berlebihan

Memasuki usia kehamilan 5 minggu, Anda akan merasakan air liur lebih banyak. Hal ini berawal dari produksi asam lambung sehingga mempengaruhi produksi air liur. Bahkan dalam hal ini Anad juga akan mengalami mual dan muntah. Salah satu cara dalam mengatasi produksi air liur berlebih adalah dengan mengunyah permen karet tanpa gula yang aman untuk ibu hamil.

Mual

Pada tahap awal kehamilan memang identik dengan perasaan mual dan muntah. Penyebab utama dalam hal ini adalah hormone. Bahkan akibat gejala ini acap kali menyebabkan ibu hamil kehilangan nafsu makan. Salah satu strategi untuk tetap memberikan asupan nutrisi bagi janin adalah dengan menerapkan pola makan dengan porsi sedikit, namun dilakukan lebih sering.

Dalam mengatasi mual, konsumsilah makanan yang bebas lemak dan menyegarkan. Selain itu, jangan memakasakan diri untuk makan dengan porsi banyak kaena justru akan menyebabkan muntah-muntah sehingga kondisi ini menghambat asupan nutrisi bagi janin.

Ngidam

Trimester awal memang identik dengan ngidam berupa memilah milih makanan tertentu untuk dikonsumsi. Setiap wanita memiliki kesukaan dan keinginan yang berbeda ketika ngidam. Anda bisa mengatasi gejala ngidam dengan konsumsi buah-buahan atau cokelat dengan porsi yang wajar.

Kelelahan

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan tanda tanda hamil 5 minggu yang selanjutnya yaitu merasa kelelahan yang kadang membuat ibu hamil lebih mudah cape. Dalam hal ini Ana harus memperhatikan asupan makanan yang bergizi untuk mencukupi kebutuhan energi tubuh dalam tumbuh kembang janin. Perbanyak istirahat dan hindari aktivitas yang bisa memperparah kelelahan yang Anda rasakan.

Buang Air Kecil Meningkat

Trimester awal kehamilan memang membawa banyak perubahan. Intensitas buang air kecil akan meningkat akibat janin semakin berkembang yang mengakibatkan kandung kemih semakin tertekan. Perbanyak minum air putih untuk menjaga cairan tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi.

Demikian sebagian dari tanda tanda hamil 5 minggu. Perhatikan kebutuhan nutrisi dengan konsumsi makanan yang bergizi. Hindari aktivitas yang bisa memicu kelelahan karena bisa mempengaruhi tumbuh kembang janin.

Selain itu, periksakan perkembangan janin ke dokter secara rutin untuk mendeteksi tingkat kesehatannya. Kondisi kesehatan ibu hamil sangat menentukan kesehatan janin didalam kandungan. Maka dari itu, menjaga kesehatan menjadi faktor yang sangat penting dan tidak boleh disepelekan. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

Related Posts

Share This