Hal yang Wajib Anda Pahami Dalam Perkembangan Bayi Prematur

Perkembangan bayi prematur. Perkembangan bayi baik secara fisik ataupun secara motorik telah di mulai ketika mereka baru pertama kali lahir. Perkembangan seperti berceloteh, merangkak atau bahkan perkembangannya dalam berjalan akan muncul dengan sendirinya ketika si kecil telah mencapai usia tertentu. Akan tetapi, teori ini hanya akan berlaku bagi mereka yang lahir secara normal. Lantas, apa kabar dengan bayi yang lahir secara prematur? Bagaimana perkembangan bayi prematur bisa berjalan dengan baik?

Perkembangan bayi yang lahir secara prematur jelas berbeda dengan bayi yang lahir secara nomal. Banyak ahli yang menjelaskan, bahwa perkembangan bayi yang prematur tidak di dasarkan oleh umur asli mereka, namun lebih menuju ke usia kelahirannya dengan usia kelahiran normal mereka.

Maka dari itu, jika si kecil lahir satu bulan lebih cepat dari perkiraan lahir normal, maka pertumbuhan si kecil yang lahir secara prematur akan dimulai ketika usianya di tambah 1 bulan dari waktu yang seharusnya. Dan waktu kelahiran normal umumnya berlangsung sekitar 36-38 minggu.

Bayi prematur adalah keadaan bayi yang lahir lebih awal dari proses kelahiran yang seharusnya. Karena normalnya, bayi yang berada di dalam rahim akan di kandung oleh si ibu kurang lebih selama 9 bulan 10 hari, atau selama 37 minggu.

Umumnya, dalam merawat bayi yang lahir secara prematur akan menggunakan metode Early Intervention. Metode Early Intervention ini akan di berikan ketika si kecil masih berada di dalam NICU atau di sebut juga dengan incubator.

Ketika si kecil masih berada di dalam incubator, pelatihan untuk kemampuannya berbicara, melihat, juga bahkan terapi fisik sudah ia dapatkan. Pastinya di berikan oleh tenaga ahli. Dan ketika bayi yang lahir secara prematur tumbuh besar, maka peranan keluarga sangat ia butuhkan guna membantu tumbuh kembangnya.

Petkembangan bayi prematur akan terus di tentukan dari usia yang memang telah di sesuaikan. Umumnya, perkembangan si kecil akan di katakana normal ketika ia memasuki usia 2 tahun. Namun kita akan sangat kesulitan dalam menentukan apakah ia telah tumbuh dengan baik, sama seperti yang lainnya yang lahir secara nomal.

Mengapa seperti itu? Karena pada umumnya, bayi yang lahir secara premature sangat rentan mengalami gangguan atau bahkan kelainan pada perkembangan otak mereka, yang nantinya bisa mengakibatkan kesulitan dalam belajar, gangguan terhadap sistem pendengaran, bahkan penglihatan.

Nah, itulah bahasan kita terkait perkembangan juga pertumbuhan bayi yang lahir secara prematur. Semoga dengan adanya artikel yang kami posting kali ini, bisa membantu Anda dalam memahami karakter anak yang lahir secara prematur, dan Anda bisa memaksimalkan pengasuhan juga perawatannya agar si kecil bisa tumbuh dan berkembang seperti yang lainnya.

Related Posts

Share This