Hal Yang Harus Bunda Perhatikan Dalam Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Menjaga kesehatan gigi juga mulut si kecil sejak dini memang penting untuk bunda lakukan. mengapa? karena kesehatan gigi pada anak merupakan salah satu faktor penting dalam masa pertumbuhannya juga perkembangan si kecil. Namun pada kenyataannya, merawat gigi anak memang kerap di keluhkan oleh sebagian besar bunda, dan dianggap sebagai satu perkara yang gampang-gampang susah.

Menjaga kesehatan gigi anak yang memang masih berusia 0-3 tahun biasanya akan bunda lakukan ketika usia si kecil memasuki bulan ke lima, dan pada usia inilah gigi pertama si kecil akan muncul. Dan gigi si kecil akan terus tumbuh sampai ia berusia 3 tahun dengan jumlah 20 gigi.

gigi anak

Dan berikut ini yang harus bunda lakukan:

  1. Bunda bisa membersihkan gigi juga gusi si kecil dengan teratur, bahkan sebelum gigi pertamanya tumbuh.
  2. bersihkan gigi si kecil juga gusi dengan cara yang lembut di pagi dan malam hari. Bunda bisa menggunakan handuk yang sudah di basahi atau bahkan sikat gigi yang di khususkan untuk bayi.
  3. Bunda harus menghindari kebiasaan memberikannya jus atau bahkan susu ketika si kecil akan tertidur, hal ini dikarenakan bisa menyebabkan terjadinya gigi berlubang pada si kecil.

Ketika si kecil memasuki usia 3-6 tahun, maka biasanya jumlah gigi si kecil sudah mencapai 20 gigi susu yang lengkap. Email hihi yang dimiliki anak pastinya masih sangat rentan untuk mengalami kerusakan dikarenakan gigi si kecil tidak sekuat gigi yang dimiliki oleh orang dewasa. Nah, agar gigi si kecil tumbuh dengan baik tanpa adanya masalah, maka sebaiknya bunda melakukan beberapa cara di bawah ini:

  1. Pada usia 3-6 tahun, umumbya si kecil sudah mampu untuk memegang sikat gigi sendiri dan bisa menyikat didinya sendiri. namun, pengawasan dari bunda tetap masih ia butuhkan, guna memastikan si kecil menyikat gigi dengan cara yang benar.
  2. Hal terpenting yang harus di lakukan yaitu menyikat gigi pada waktu yang tepat, yaitu d pagi hari yang di lakukan setelah sarapan dan di malam hari sebelum si kecil tertidur. Hal ini penting bunda lakukan guna menjaga kesehatan gigi si kecil.
  3. Bunda bisa membantu si kecil untuk menyikat gigi, dengan cara memberikan sikat gigi khusus untuk anak seusianya yang memiliki bulu sikat yang lembut. Biasanya sikat gigi model ini memiliki kepala sikat yang kecil, sesuai dengan ukuran mulut si kecil.
  4. Bunda bisa menyikat gigi si kecil dengan menggunakan pasta gigi berflouride. Namun lebih baik lagi jika bunda menggunakan pasta gigi yang di khususkan untuk anak, dengan memiliki kandungan fluoride yang sesuai dengan si kecil, bukan hanya itu, sebaiknya bunda juga menyediakan pasta gigi untuk si kecil yang memiliki varian rasa yang berbeda yang memang disukai oleh si kecil.
Baca Juga:  Ketahuilah Gejala Cacingan Pada Anak yang Terkadang Tidak Kita Sadari

Nah, itulah beberapa hal yang bisa bunda lakukan guna perawatan gigi si kecil, semoga tips ini bisa membantu bunda semua.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517