Hal yang Harus Anda Perhatikan Ketika Memberikan Susu Formula Pada Si Kecil

Banyak diantaranya para ibu yang hanya ingin memberikan ASI eksklusif untuk buah hatinya daripada harus memberikan susu formula. Namun sayangnya, tidak semua ibu yang beruntung untuk melakukan hal tersebut. Dan sebagai gantinya, susu formula bayi merupakan pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.

Nah, jika Anda termasuk salah stau orang yang harus memberikan susu formula terbaik kepada si kecil, berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memberikan susu formula kepada buah hati. Yaitu sebagai berikut:

  1. Jaga kebersihan botol susu bayi

Ketika Anda memberikan susu bayi kepada si kecil, maka Anda harus benar-benar memperhatikan kebersihan botol susu si kecil. Karena menjaga kebsrihan botol susu merupakan salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan dnegan baik.

Setelah Anda memberikan susu kepada si kecil, maka Anda harus segera membersihkan botol susunya dengan menggunakan air panas juga sabun khusus. Untuk mensterilkan botol susu si kecil, maka Anda bisa merebus botol susu tersebut selama 10 menit dalam wadah panci.

  1. Cara membuat susu formula

Anda juga harus memperhatikan cara dalam membuat susu formula untuk si kecil. Dalam membuat susu formula, Anda bisa melihat dan membaca instruksi yang memang di lengkapi dengan jumlah takaran yang dibutuhkan dalam kemasan susu formula.

Salah satu hal terpenting dalam membuat susu formula yang harus di perhatikan yaitu, air yang di gunakan dalam membuat susu formula. Anda harus memperhatikan kalau Anda menggunakan air matang untuk membuat susu formula.

  1. Seberapa sering bayi membutuhkan susu formula

Anda juga harus memperhatikan seberapa sering si kecil membutuhkan susu formula. Karena selera makan si kecil dari waktu ke waktu bisa saja berubah. Jika hari ini si kecil bisa minum susu sebanyak 8 kali dalam sehari, mungkin saja esok hari ia bisa minum 9 botol susu dalam satu hari.

Maka dari itu, Anda jangan terpaku pada jam-jam yang telah Anda tentukan. Dan sebaliknya, sebaiknya Anda melihat tanda-tanda si kecil lapar yang memang sering mereka tunjukkan.

  1. Memanaskan susu formula

Nah, jika Anda membeli susu formula cair, maka salah stau cara terbaik untuk memanaskannya yaitu dengan acar menghangatkan botol susu dalam wadah panci atau bahkan mangkuk yang berisikan air panas. Dan pastikan kalau Anda menghangatkannya dalam waktu tidak lebih dari 15 menit. Dan lebih baik lagi jika Anda menghangatkannya dalam microwave.

Jika Anda memberikan susu formula bubuk untuk si kecil, Anda harus memastikan kalau Anda selalu membuatkan susu fres untuk buah hati Anda. Itu artinya, Anda memberikan susu formula yang baru saja Anda buat. Dan Anda harus memastikan kalau Anda tidak mendiamkan susu lebih dari 4 jam.

Related Posts

Share This