Hal yang Harus Anda Pahami Terkait Gejala Asam lambung Naik

Gejala asam lambung naik. Penyakit asam lambung atau di sebut juga dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan salah satu bentuk masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di kalangan masyarakat. Umumnya, kondisi ini di sebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esophagus serta bisa menimbulkan rasa nyeri di bagian ulu hati, atau munculnya sensasi terbakar di bagian dada.

Esofagus yang juga kita kenal sebagai kerongkongan merupakan salah satu bagian dari saluran pencernaan yang memang menghubungkan mulut dengan lambung.

Ketika asam lambung mulai naik, biasanya jaringan dinding kerongkongan juga mulut akan teriritasi oleh asam lambung. Dan berikut ini ada beberapa gejala asam lambung naik yang memang paling umum di alami oleh para penderita, yaitu sebagai berikut:

  • Refluks asam lambung atau regurgitasi. Keadaan asam yang ada di dalam perut akan kembali ke kerongkongan serta mulut, sehingga bisa menimbulkan rasa asam juga pahit.
  • Dirasakannya sensasi terbakar di bagian dada atau rasa nyeri di bagian ulu ati. Umumnya kondisi ini akan di rasakan di bagian tulang dada. Bahkan rasa nyeri akan di rasakan jauh lebih kuat setelah Anda makan atau bahkan ketika Anda membungkuk.
  • Anda juga akan mengalami kesulitan ketika menelan makanan yang Anda konsumsi.

Bukan hanya gejala-gejala umum yang di atas telah kami sebutkan, namun ada juga beberapa gejala asam lambung naik yang lainnya yang mungkin saja pernah Anda alami, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Orang yang mengalami asam lambung naik umumnya akan merasakan seakan-akan ada benjolan di bagian kerongkongan ketika menelan sesuatu.
  • Laringitis: Yaitu terjadinya peradangan di bagian laring atau bahkan pita suara yang memang menyebabkan tenggorokan sangat sakit serta suara yang berubah menjadi parau.
  • Terjadinya batuk kering yang sulit untuk berhenti, terutama ketika malam hari.
  • Munculnya sakit di bagian dada.
  • Umumnya gigi akan berubah menjadi rusak.
  • Pernapasan yang mengeluarkan aroma yang tidak sedap.
  • Bahkan air liur yang meningkat secara tiba-tiba.

Biasanya, penyakit asam lambung yang masih ringan yang memang hanya terjadi satu atau bahkan dua kali dalam satu bulan biasanya tidak memerlukan penanganan medis yang intensif. Karena hal ini masih bisa di atasi dengan cara mengubah menu makan serta membeli obat di apotek guna mengatasi gejala asam lambung naik.

Namun jika gejala yang di rasakan semakin parah, dan Anda sering mengalaminya, maka sebaiknya Anda segera menghubungi dokter. Dan tanyakan pada dokter terkait obat atau cara mengatasi yang lebih tepat. Anda juga di anjurkan untuk mengkonsumsi obat dengan dosis serta aturan pakai yang dianjurkan oleh dokter. Selain itu, anda juga di anjurkan untuk menghindari mengkonsumsi makanan yang memang bisa menyebabkan asam lambung Anda meningkat, seperti makana yang mengandung lemak juga memiliki rasa yang pedas atau asam.

Related Posts

Share This