Hal-hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Menjelang Persalinan

Pada waktu kehamilan memasuki tahap akhir atau trimester ketiga, maka banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi proses persalinan. Persiapan mental dan finansial merupakan dua hal yang tidak boleh dilupakan supaya proses persalinan berjalan lancar dan normal. Pikiran yang tenang dan tidak stres akan membuat proses persalinan tidak akan berlangsung lama sehingga tidak akan menyebabkan kelelahan.

Hal-hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Menjelang Persalinan

Selain melakukan berbagai macam persiapan, anda juga harus mengetahui beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan menjelang proses persalinan.

Ada Beberapa Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Menjelang Proses Persalinan

Jangan mendengarkan pengalaman buruk tentang melahirkan

Kegiatan pertama yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil yaitu jangan membiasakan untuk mendengar cerita tentang melahirkan yang akan membuat anda menjadi ketakutan. Mendengarkan pengalaman buruk orang lain tentang melahirkan akan membuat pikiran tersugesti sehingga menyebabkan anda berpikiran negatif dan merasa takut. Apalagi bagi anda yang baru pertama kali akan menghadapi proses persalinan sebaiknya menghindari hal tersebut. Perasaan takut akibat mendengar cerita orang bisa memicu pikiran menjadi stress sehingga hal tersebut akan membahayakan janin di dalam kandungan dan mengganggu proses persalinan secara normal. Daripada mendengar cerita orang lebih baik anda berkonsultasi dan meminta saran dari dokter kandungan.

Jangan berputus asa

Menjelang proses persalinan biasanya sebagian wanita akan merasa cemas dan berputus asa. Hal ini akibat dari mendengarkan cerita dan pengalaman orang lain tentang melahirkan. Perasaan yang cemas biasanya membuat ibu hamil lebih memilih proses melahirkan dengan cara caesar daripada dengan cara yang normal. Persiapan mental yang kuat sangat dibutuhkan untuk mengatasi rasa takut dan putus asa yang sering terjadi menjelang persalinan normal.

Selain itu, anda juga bisa memperbanyak interaksi dan informasi yang bermanfaat supaya lebih siap dalam mengahadapi proses persalinan. Melakukan kegiatan khusus ibu hamil seperti yoga atau latihan meditasi akan membuat pikiran anda tenang dan terhindar dari perasaan takut menjelang persalinan.

Jangan melupakan peran serta orang terdekat

Menjelang persalinan normal, persiapan fisik dan mental benar-benar sangat dibutuhkan. Peranan dan dukungan suami akan membuat anda lebih siap menghadapi persalinan secara normal. Selain dukungan dari suami, anda juga bisa mendapatkan dukungan dari semua keluarga. Kehadiran orang-orang tersayang di sekeliling anda akan membuat pikiran menjadi lebih tenang dan lebih percaya diri dalam menghadapi proses persalinan secara normal.

Menjelang proses persalinan memang sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mempersiapkan mental. Dua aspek tersebut merupakan faktor yang akan menentukan keberhasilan anda dalam menjalani proses persalinan secara normal. Selain itu, kondisi pikiran juga akan mempengaruhi tingkat kesehatan janin yang ada di dalam kandungan hingga berlangsungnya proses persalinan.

Related Posts

Share This