Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menyusui Bayi

Menyusui bayi memiliki banyak manfaat yaitu meningkatkan sistem imun si kecil, membantu mengoptimalkan tumbuh kembang karena merupakan asupan nutrisi lengkap dan mempererat ikatan batin. Idealnya menyusui bayi harus dilakukan selama 6 bulan secara ekslusif dan dilanjutkan sampai usia 2 tahun dengan tambahan MPASI.

Menyusui bayi baru lahir penting untuk dilakukan sebab ASI pertama yang keluar bisa menjadi imunisasi alami untuk membentuk sistem kekebalan tubuh si kecil. Dalam prakteknya, proses menyusui kadang dihadapkan dengan berbagai macam kendala seperti air susu sedikit ataupun nyeri pada payudara. Gejala lain yang paling sering dirasakan oleh ibu menyusui yaitu puting lecet dan mual disertai muntah.

Ada Beberapa Tips Yang Perlu Anda Perhatikan Dalam Menyusui

Menyusui merupakan tugas seorang ibu dalam upaya memberikan asupan nutrisi pada bayi. Dalam menjalani proses tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar terhindar dari bayi kurang asi . Berikut penjelasannya!

  1. Pada tahap awal menyusui, disarankan bagi Anda untuk menggunakan posisi berbaring. Seiring dengan bertambahnya usia si kecil maka Anda mulai bisa menyusui dengan posisi duduk tegak.
  2. Usahakan supaya hidung si kecil tidak tertutup oleh payudara selama proses menyusui berlangsung.
  3. Pastikan si kecil menghisap puting dengan benar sehingga memperoleh ASI secara maksimal.
  4. Jika proses menyusui selesai maka Anda jangan langsung menarik mulut bayi, akan tetapi tekanlah bagian sudut mulut bayi dengan jari secara perlahan sambil melepaskan puting payudara.
  5. Ketika pertama kali menyusui, setelah selesai maka posisikan bayi dalam keadaan telungkup atau miring ke kanan. Hal ini bertujuan untuk mengosongkan lambung bayi. Dengan begitu nafsu makan si kecil akan kembali normal.
  6. Pada waktu menyusu biasanya ada udara yang ikut masuk ke dalam perut si kecil sehingga menyebabkan perut kembung. Nah, untuk mengatasi hal tersebut bantulah bayi bersendawa dengan cara menggendongnya dengan posisi tegak kemudian tepuk lembut pada bagian punggung bayi hingga sendawa.
  7. Terkadang bayi mengalami muntah setelah diberi ASI. Posisikan bayi untuk duduk tegak untuk mencegah terjadinya hal tersebut setelah menyusui.
  8. Ketika si kecil mulai tumbuh gigi, biasanya hal tersebut akan menurunkan nafsunya untuk menyusu. Nah, upaya menjaga asupan ASI supaya tetap optimal sebaiknya Anda memberikan ASI perah di dalam cangkir.
  9. Lakukan penyusuan secara bergantian antara payudara yang kiri dan kanan. Usahakan pengeluaran ASI secara maksimal dan seimbang sehingga produksi ASI tetap lancar.
  10. Jika si kecil mengalami diare setelah menyusui maka jangan hentikan pemberian ASI. Tetap berikan ASI secara rutin karena ASI mengandung senyawa yang bisa melawan bakteri, termasuk penyebab diare.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan beberapa hal yang penting untuk diperhatikan selama menyusui. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517