Gusi Yang Sehat Ciri Jantung Sehat

Mulut adalah salah satu bagian dari sistem pencernaan. Menjaga kesehatan mulut sangat penting sebab hal ini akan berdampak terhadap organ yang lainnya terutama organ dalam. Mulut bisa dikatakan sebagai gerbang utama masuknya benda asing ke dalam tubuh sehingga jika kebersihannya tidak dijaga sangat beresiko terhadap penyakit berbahaya. Bahkan menurut ahli kesehatan menyatakan bahwa gusi yang sehat adalah ciri jantung sehat.

Namun terkadang banyak orang yang memiliki persepsi berbeda dan salah mengartikan kesehatan mulut. Banyak orang yang hanya menjaga kesbersihan gigi saja tanpa memperhatikan kebersihan gusi. Padahal sebenarnya kebersihan gusi yang paling utama sebab gusi merupakan rumah tempat menempelnya gigi.

Gusi yang sehat akan berdampak baik bagi kesehatan mulut dan gigi. Disamping itu, gusi yang tidak sehat dan bermasalah akan berdampak buruk terhadap kesehatan organ lainnya seperti beresiko penyakit jantung dan stroke. Bahkan jika gangguan pada gusi dialamin oleh ibu hamil sangat beresiko terhadap kelahiran prematur dan bahkan cacat janin.

Kesehatan gusi menjadi indikator jantung sehat. Gusi yang sehat berkaitan dengan penurunan penyakit aterosklerosis. Penyakit tersebut merupakan kondisi penyempitan pada pembuluh darah. menurut dokter spesialis gigi dan gusi menyebutkan bahwa penyakit atrosklerosis dipicu oleh bakteri pada gusi. Plak yang menempel pada gigi dan gusi merupakan sekumpulan bakteri yang akan memicu gangguan arteri. Nah, kondisi tersebut yang memicu penyakit aterosklerosis.

Gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab menumpuknya plak pada bagian gusi dan gigi. Contoh yang paling real yaitu kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, merokok dan kebiasaan minum minuman beralkohol. Disamping itu, bakteri pada gigi akan masuk ke dalam celah antara gigi dan gusi sehingga akan menyebabkan gusi tidak sehat. Hal ini beresiko terbawa melalui aliran darah sehingga masuk ke dalamn organ dalam tubuh.

Bakteri yang menumpuk pada gusi akan mengiritasi dinding pembuluh darah sehingga hal ini bisa menyumbat pembuluh darah. Kondisi tersebut sangat rentan mengakibatkan penyakit jantung. Penderita penyakit gusi dua kali lebih besar terkena penyakit jantung daripada yang memiliki gusi sehat. Penyakit aterosklerosis memberikan dampak terhadap pembuluh darah yang akan menuju ke jantung.

Jika pada kondisi ini jantung terganggu maka rentan mengakibatkan stroke. Menjaga kesehatan gusi mungkin terlihat sepele, namun jika ditelusuri ternyata akan memberikan dampak bagi kesehatan organ tubuh bagian dalam. Maka dari itu mulailah untuk memperhatikan kesehatan gusi secara rutin.

Dalam upaya menjaga kesehatan gigi dan gusi, mulailah menerapkan gaya hidup sehat dan hindari kebiasaan yang bisa memicu kerusakan gigi dan gusi. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk melindungi gusi Anda dari kerusakan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This