Gunting Kuku Bayi Dengan 7 Cara Aman Ini!

Guna menjaga kesehatan si kecil, pastinya Anda harus gunting kukuk bayi. Namun kerap kali Anda mengalami kesulitan dalam menggunting kuku si kecil, bukan?

Nah, guna memudahkan anda dalam merawat bayi, apalagi bayi baru lahir. Maka pada kesempatan ini kami akan memberikan cara aman dalam menggunting kuku bayi, yaitu sebagai berikut:

  1. Gunakan gunting kuku khusus untuk bayi

Agar aman ketika Anda menggunting kuku si kecil, maka alangkah lebih baik lagi jika Anda menggunakan gunting kuku yang di khususkan bagi bayi. Gunting kuku jenis ini akan jauh lebih mudah Anda gunakan ketika Anda menggunting kuku si kecil, karena bentuk gunting yang melengkung.

  1. Lakukan Sesudah Bayi Mandi

Anda di sarankan untuk menggunting kuku si kecil setelah si kecil di mandikan. Alasannya yaitu, karena setelah mandi keadaan kuku si kecil ada dalam keadaan yang lunak. Dan keadaan kuku yang lunak akan lebih mudah ketika di potong.

Anda juga bisa menggunting kuku si kecil ketika ia tidur. Karena ketika ia tidur, si kecil tidak akan terlalu banyak bergerak sehingga lebih memudahkan Anda dalam menggunting kukunya.

  1. Membersihkan Kuku Bayi Dahulu

Untuk perawatan kuku bayi, sebelum kuku si kecil di gunting, maka Anda bisa memeriksa terlebih dahulu bagian kuku si kecil, apakah ada kotoran yang terselip atau tidak. Jika ada, maka sebaiknya Anda membersihkan terlebih dahulu kuku tersebut.

Cara untuk membersihkannya cukup mudah, Anda tinggal membasahi cotton bud dengan menggunakan air, jadi ketika Anda memotong kuku si kecil akan lebih mudah, karena Anda tidak lagi harus membersihkan kotoran yang ada di dalam kuku si kecil ketika selesai menggunting kuku si kecil.

  1. Pencahayaan Cukup

Dikarenakan kuku bayi yang kecil, maka membuat Anda menjadi sangat sulit untuk membersihkan juga untuk mengguntingnya, maka dari itu, Anda dianjurkan untuk menggunting kuku si kecil di pagi atau siang hari semasih ada cahaya sinar matahari.

  1. Gunting Kuku Satu Per Satu

Memang benar, ketika menggunting kuku bayi, kita membutuhkan kesabaran ekstra. Mengapa? Karena Anda harus berhati-hati dalam melakukannya. Dan guntinglah kuku si kecil satu persatu.

  1. Menghaluskan Kuku Bayi

Setelah Anda selesai menggunting semua bagian kuku bayi, maka Anda bisa mengkikir kuku si kecil dengan menggunakan kikir khusus bagi bayi. Lakukan cara ini secara perlahan. Dan Anda bisa mengkikir kuku si kecil sampai bagian tajamnya hilang.

  1. Gunting Kuku Dua Kali Seminggu

Kuku bayi yang terlalu panjang bisa membuat Anda sulit untuk mengguntingnya. Oleh karena itu, Anda di sarankan untuk sesering mungkin menggunting kuku si kecil. Misalkan Anda bisa melakukan pengguntingan kuku bayi selama dua kali dalam satu minggu.

Related Posts

Share This