Gizi Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Wanita hamil akan mengalami perubahan fisik serta mental. Perubahan itu terjadi secara alami karena adanya hormon kehamilan. Kebutuhan nutrisi serta gizi pada ibu hamil akan meningkat karena adanya janin dalam kandungan. Supaya kehamilan berjalan lancar dan perkembangan janin tidak terhambat maka gizi yang seimbang untuk ibu hamil harus tercukupi. Apabila asupan makanan yang bergizi terbatas maka janin akan menyerap persediaan gizi atau nutrisi dari sang ibu sehingga hal ini akan mengakibatkan ibu hamil menjadi kurus dan lemas.

Gizi bagi ibu hamil

 Asupan nutrisi atau gizi untuk ibu hamil harus tercukupi supaya kesehatan ibu hamil dan janin tidak akan mengalami gangguan. Kekurangan gizi akan berpengaruh pada tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu hamil sehingga bisa berpotensi bayi lahir prematur.

  • Protein

Protein di butuhkan oleh ibu hamil untuk pertumbuhan jaringan otak janin, meningkatkan persediaan darah pada ibu hamil, menguatkan rahim semasa masa kehamilan dan membantu dalam proses pertumbuhan jaringan payudara. Protein bisa diperoleh dari makanan seperti kacang tanah, kacang panjang serta jenis kacang-kacangan lainnya, tahu, daging, ikan dan ayam.

  • Kalsium

Kalsium berguna untuk ibu hamil dalam membantu pertumbuhan gigi serta tulang pada janin, membantu dalam pengaturan cairan tubuh dan kontraksi otot serta syaraf pada janin. Kalsium bisa diperoleh dar sumber makanan seperti telur, susu, yoghurt dan keju.

  • Asam folat

Makanan yang mengandung asam folat yaitu kacang kedelai, wortel, pisang, tomat, brokoli dan hati sapi. Asam folat di butuhkan sebagai gizi pada ibu hamil yang berguna untuk pembentukan sumsum tulang belakan dan otak. Kekurangan asupan asam folat akan mengakibatkan kelainan (cacat) pada otak dan sumsum tulang belakang. Kelainan pada sumsum tulang belakang biasa di sebut dengan istilah spina bifida dan kelainan pada otak yang di sebut dengan istilah anencephaly.

  • Zat besi

Zat besi bisa di peroleh dari kacang-kacangan, ikan, buah-buahan, susu, bayam, kol dan telur. Fungsi dari zat besi adalah untuk pembentukan sel darah merah pada ibu hamil dan janin serta menguatkan janin dan membangun sistem enzim pada ASI ibu.

  • Vitamin

Macam-macam vitamin yang diperlukan oleh ibu hamil itu diantaranya Vitamin K bisa di peroleh dari kuning telur, tomat, bayam ataupun buah stroberi. Vitamin K ini akan mengurangi gejala morning sickness. Vitamin C untuk meningkatkan kekebalan ibu dan juga kesehatan janin. Vitamin C bisa diperoleh dari lobak lobak, brokoli kembang kol dan beberapa jenis buah-buahan. Vitamin B12 terdapat pada susu, keju, daging domba, kepiting ataupun kerang. Vitamin ini berguna untuk perkembangan saraf dan fungsi otak janin. Vitamin D yaitu untuk menguatkan tulang selama masa kehamilan. Makanan yang banyak mengandung vitamin D diantaranya susu ataupun olahan susu dan makanan yang berasal dari laut.

Makanan yang mengandung banyak vitamin sangat dianjurkan untuk ibu hamil karena konsumsi vitamin yang mencukupi akan mengurangi resiko cacat bayi dan komplikasi serta untuk menjaga kesehatan ibu hamil selama maa kehamilan.

  • Lemak esensial

Lemak esensial sangat berguna untuk perkembangan otak bayi. sumber makanan yang mengandung lemak esensial yaitu kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, minyak sayur, daging, telur dan sayuran.

Selain mengkonsumsi beberapa makanan kesehatan untuk ibu hamil seperti yang di jelaskan diatas, ibu hamil juga dianjurkan untuk memperbanyak makanan yang mengandung serat seperti sayuran serta harus mengurangi makanan yang mengandung kadar lemak yang tinggi. Agar selama menjalani kehamilan tetap sehat dan bugar maka biasakan minum air putih (air mineral) 2 liter perhari.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517