Gizi Balita yang Sangat Dibutuhkan

Penting untuk Anda ketahui, bahwa pemberian makanan untuk balita tidak boleh hanya asal kenyang, melainkan asupan gizi balita juga harus terpenuhi dengan baik. Hal ini bertujuan agar tumbuh kembang si kecil dapat terpantau dengan sangat baik.

Lantas, kebutuhan gizi balita seperti apa yang di butuhkan? Berikut ini ada beberapa gizi balita yang harus terpenuhi dengan baik untuk tumbuh kembang si kecil yang optimal, yaitu sebagai berikut”

  1. Protein

Gizi pada balita yang harus terpenuhi pertama yaitu protein. Karena protein yang ada di dalam tumbuh merupakan salah satu sumber pertama asam amino esensial yang memang dibutuhkan sebagai zat pembangun.

  1. Lemak

Lemak juga dibutuhkan balita sebagai salah satu sumber lemak esensial serta berguna sebagai zat pelarut vitamin A, D, E juga K. Asam lemak ini dibutuhkan oleh balita untuk membantu pertumbuhannya, memelihara kesehatan kulit si kecil, serta mampu mencegah terjadinya penyakit degeneratif sedini mungkin.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat juga sangat dibutuhkan oleh si kecil sebagai salah satu sumber energi. Dan bunda harus mampu mencukupi kebutuhan energi pada anak, terutama ketika si kecil berada di masa keaktifannya.

  1. Vitamin A

Defisiensi vitamin A merupakan salah satu masalah kesehatan yang memang nyata terhadap balita. Bahkan diperkirakan ada 3 juta balita yang ada di seluruh dunia yang memang menunjukkan defisiensinya terhadap vitmin A pada setiap tahunnya, sehingga menempatkan mereka terhadap resiko kebutaan. Dan vitamin A ini sangat bermanfaat untuk kesehatan penglihatan, respon kekebalan, membantu pertumbuhan serta memabntu perkembangan mental si kecil.

  1. Vitamin B1

Vitamin ini juga bermanfaat untuk membantu metabolisme karbohidrat yang ada di dalam tubuh. Karena kekurangan vitamin B1 juga bisa menimbulkan gejala hilangnya nafsu makan serta mampu mengganggu pertumbuhan balita. Maka dari itu sangat dianjurkan Anda sebagai orangtua untuk dapat memenuhi kebutuhan vitamin B1 terhadap anak.

Baca juga : Makanan Sehat dan Bergizi untuk Balita

  1. Asam folat

Kekurangan asam folat nyatanya bisa berakibat terhadap anemia serta adanya gangguan terhadap pertumbuhan si kecil.

  1. Kalsium

Kekurangan kalsium juga bisa menyebabkan kurangnya kepadatan serta kekerasan terhadap tulang yang memang ada dalam tahapan pembentukan.

  1. Fluor

Flour ini sangat dibutuhkan oleh tubuh kita dalam membuat tulang si kecil dan gigi menjadi lebih kuat. Fungsi utama dari fluor ini yaitu dapat mencegah terjadinya karies terhadap gigi.

  1. Cairan

Cairan ini juga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Fungsinya yaitu untuk membersihkan beberapa organ tubuh serta agar tidak menyebabkan dehidrasi. Karena ketika balita mengalami dehidrasi, maka akan berakibat buruk terhadap kesehatannya.

  1. Garam ( Natrium )

Setelah si kecil berusia 1 tahun, keadaan ginjal balita mulai menunjukkan kematangan, sehingga penggunaan garam dalam jumlah moderat masih bisa ditoleransi. Akan tetapi, penggunaan garam yang berlebihan tidak dianjurkan, karena masih berhubungan dengan tekanan darah pada kehidupan selanjutnya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517