Gigi Anda Ngilu? Hindarilah Kebiasaan-kebiasaan Ini!

Rasa ngilu pada bagian gigi merupakan salah satu bentuk keluhan yang memang banyak terjadi pada sebagian besar orang, dan mungkin saja Anda merupakan salah satu orang dari sebagian besar itu.

Biasanya, gigi ngilu ini merupakan salah satu pertanda dari keadaan atau kondisi gigi Anda yang sensitive serta tengah mengalami kerusakan terhadap lapisannya. Hal ini pastinya tidak boleh Anda biarkan dan harus secepatnya di tangani, agar rasa ngilu itu tidak bertambah parah dan mengganggu kenyamanan Anda. Adanya proses erosi terhadap permukaan gigi juga bisa menyebabkan gigi Anda menjadi sangat sensitive.

Proses erosi yaitu adanya kerusakan atau bahkan hilangnya lapisan gigi yang berada di bagian paling luar atau email. Hal ini bisa saja terjadi karena adanya paparan zat asam yang terus-menerus terjadi di dalam mulut, baik yang berasal dari dalam tubuh atau bahkan yang terjadi dari luar tubuh, dan tidak melibatkan aktivitas dari bakteri.

Mungkin secara tidak sadar, kita sering melakukan kebiasaan-kebiasaan yang memiliki resiko besar terhadap terjadinya erosi gigi. Dan umumnya, erosi gigi yang terjadi pada seseorang erat kaitannya dengan adanya paparan asam yang berasal dari luar tubuh, dan hal ini juga masih berhubungan dengan kebiasaan dalam pola makan.

Dan biasanya, dalam pola makan juga bisa membuat keadaan gigi menjadi lebih sensitive juga terasa ngilu.

Terutama ketika Anda memiliki kesukaan mengkonsumsi makanan yang memiliki rasa asam, misalkan seperti pempek juga acar. Sama halnya dengan minum-minuman yang juga memiliki rasa asam seperti yoghurt, jus jeruk, soda dan masih banyak lagi. Dan jika hal tersebut di lakukan secara terus-menerus, maka hal ini bisa berpotensi melunakkan bagian email gigi Anda.

Resiko rusaknya bagian email gigi juga akan bertambah semakin besar, jika pola makan atau bahkan pola minum Anda didukung juga oleh kebiasaan-kebiasaan buruk yang lainnya. Misalkan seperti menaham minuman asam dalam jangka waktu yang begitu lama di dalam mulut sebelum Anda menelannya, dan menyikat gigi setelah Anda mengkonsumsi makanan jenis apapun yang memang memiliki kandungan asam.

Penting untuk Anda ketahui, jika kita menaham minuman asam lebih lama di dalam mulut, atau bahkan ketika kita tidak menggunakna sedotan, maka minuman yang mengandung asam tersebut nantinya bisa berkontak secara langsung atau bahkan berkontak lebih lama dengan email. Anda juga harus menghindari untuk menyikat gigi setelah Anda makan atau bahkan minum yang mengandung asam. Mengapa? Karena email yang melunak yang dikarenakan asam nantinya bisa hilang tersikat ketika Anda menyikat gigi.

Anda juga dianjurkan untuk menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan bahan khusus HAP mineral serta potassium sitrate guna mengatasi gigi yang ngilu. Akan tetapi, jika keadaan terus berlanjut, maka segeralah Anda mengkonsultasikan hal ini kepada dokter spesialis gigi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517