Gerakan Senam Ibu Hamil Muda Untuk Mencegah Keguguran

Menjaga kebugaran tubuh selama hamil sangat penting guna menunjang kehamilan yang sehat. Pada dasarnya untuk menjaga kesehatan waktu hamil adalah hal yang mudah. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan menghindari pantangan yang bisa membahayakan kesehatan. Selain itu, cara lain untuk menjaga kebugaran tubuh yaitu dengan melakukan senam ibu hamil.

Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan pada waktu hamil sebagai upaya menjaga kesehatan yaitu seperti yoga, pilates, jalan santai, berenang dan lain sebagainya. Nah diantara ragam olahraga tersebut pada kesempatan ini penulis akan sedikit mengulas mengenai gerakan senam hamil yang bisa Anda lakukan dalam menjaga kebugaran.

Pakar kesehatan terutama dokter kandungan sangat menyarankan bagi ibu hamil untuk melakukan senam pada masa kehamilan tua. Hal ini tidak lain bertujuan untuk memudahkan proses persalinan dan memperlancar sirkulasi darah. Senam hamil dianggap sebagai salah satu olahraga untuk kebugaran yang sangat efektif. Manfaat senam hamil selain untuk kebugaran yaitu mencegah dan menekan resiko terjadinya keguguran.

Menurut salah satu pakar kesehatan menyatakan bahwa senam hamil untuk usia kehamilan muda lebih difokuskan terhadap latihan otot punggung dan pernafasan. Tujuan dari latihan pernafasan yaitu untuk melatih tubuh sehingga memiliki kemampuan dalam bernafas secara optimal. Sedangkan otot punggung dimaksudkan untuk mempersiapkan tubuh dalam menopang berat badan janin yang semakin hari semakin bertambah.

Adapun Untuk Gerakan Senam Hamil Yang Bisa Anda Lakukan Sendiri Di Rumah Yaitu Sebagai Berikut

  1. Gerakan push up

Salah satu gerakan senam bagi ibu hamil yaitu push up. Tentunya gerakan push up bagi ibu hamil berbeda dengan push up pada umumnya. Dalam hal ini menggunakan bantuan dinding. Untuk cara melakukannya yaitu berdirilah searah dengan dinding, lalu sandarkan tubuh Anda. Setelah itu buka kaki dengan memisahkan lutut sehingga tubuh Anda naik turun. Nah, latihan ini lakukan sebanyak 15 kali dengan cara mengatur nafas dengan mengikuti irama gerakan kaki.

  1. Gerakan mengangkat kaki

Gerakan mengangkat kaki berguna luntuk membantu menguatkan punggung sehingga Anda semakin siap dalam menopang berat tubuh yang semakin besar seiring dengan tumbuh kembang janin.

  1. Gerakan step up

Gerakan selanjutnya yaitu step up. Senam yang satu ini menggunakan tangga sebagai pijakan. Adapun cara untuk melakukannya sangatlah mudah yaitu dengan langkahkan kaki sebelah kanan ke tangga bagian depan kemudian angkat tubuh dan begitu seterusnya. Lakukan sebanyak 10 kali minimal.

  1. Gerakan squat

Gerakan senam yang ini dilakukan untuk melatih pernafasan dan memperbesar panggul. Caranya yaitu dengan berdiri tegak dan posisi kaki sejajar bahu. Kemudian julurkan tangan sejajar dengan ubin lalu tekuk lutut hingga 90 derajat. Kemudian naik kembali dan gerakan tersebut harus dilakukan secara berulang.

Itulah beberapa gerakan dan manfaat senam hamil muda untuk memperkuat otot-otot terutama otot rahimsebagai upaya dalam mencegah terjadinya keguguran.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517