Gerakan Senam Ibu Hamil Dilengkapi Gambar Dan Video

Senam hamil – Dalam menjalani masa kehamilan yang sehat tentunya banyak hal yang sebaiknya dilakukan oleh setiap ibu hamil. Penting untuk memperhatikan segala hal yang tentunya berpengaruh terhadap kesehatan jnin dan juga ibu hamil. Misalnya saja untuk asupan nutrisi dan menjaga kebugaran tubuh dengan baik. Dengan pola menjaga kesehatan selama masa kehamilan tentunya sangat penting sekali untuk diperhatikan oleh masing masing ibu hamil.

Salah satu hal yang sebaiknya diperhatikan adalah menjaga kebugaran tubuh. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melakukan aktivitas sehat untuk ibu hamil seperti melakukan olahraga ringan khusus ibu hamil atau senam hamil. Melakukan olahraga saat hamil tentunya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin sehingga tumbuh dan berkembang dengan baik.

Melakukan setiap aktivitas sehat dalam kehamilan tentunya penting sekali untuk dilakukan sehingga hal ini akan memberikan dampak positif terhdap kehamilan dan juga tumbuh kembang janin dengan baik. Ini semua penting sekali untuk menjadi bahan pertimbangan dalam menjalani masa kehamilan yang sehat dan bebas dari berbagai ancaman bahaya kehamilan.

senam dalam kehamilan

Pemenuhan nutrisi dan kombinasi dengan gaya hidup sehat dalam melakukan aktivitas sehat seperti berolahraga memang penting sekali dilakukan oleh masing masing ibu hamil. Jangan sampai salah langkah dalam melakukan aktivitas atau kegiatan dalam berolahraga. Ini akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan juga tumbuh kembang janin.

Untuk kehamilan sehat dan bebas dari bahaya kehamilan maka ibu hamil disarankan untuk berolahraga. Dengan berolahraga juga tentunya akan menunjang kelancaran dalam proses persalinan yang akan dihadapi. Ini semua tentunya penting sekali untuk dilakukan dalam setiap tahap kehamilan sehingga bisa menjalani masa masa penting ini dengan menyenangkan dan sehat.

Baca Juga:  Cara Mudah Merawat Bayi Kembar Dalam Kandungan

Ada beberapa gerakan atau pose senam yang bisa dilakukan oleh ibu hamil sehingga akan memberikan dampak positif untuk kesehatan kehamilan dengan baik. Ini penting sekali untuk dilakukan sehingga proses kehamilan dan persiapan persalinan akan berjalan dengan baik.

Berikut Ini Tips Gerakan Senam Ibu Hamil Yang Bermanfaat

Dalam menjalani kehamilan sehat dan mempersiapkan proses persalinan dengan baik, maka ada beberapa gerakan atau pose senam hamil yang bisa dilakukan oleh setiap wanita. Terkait cara dan gerakan tentunya harus dilakukan secara perlahan dengan baik sehingga akan memberikan dampak positif untuk persiapan persalinan.

  1. Posisi Duduk Bersila

Salah satu gerakan senam hamil yang bermanfaat adalah dengan posisi awal melakukan posisi bersila. Posisikan untuk duduk bersila guna melakukan gerakan dasar senam kehamilan. Gunakan alas matras untuk duduk sehingga tidak langsung terkena lantai. Ini juga supaya ibu hamil lebih leluasa melakukan gerakan senam.

senam hamil

Saat Anda dalam posisi bersila, posisi tangan kanan dan kiri berada di sisi tubuh, siku dan telapak tangan menempel pada lantai. Jika sudah dalam posisi ini maka perlahan atur nafas Anda dengan baik secara berulang dan lakukan beberapa gerakan dengan mengangkat kedua tangan di bagian samping. Ini merupakan gerakan dasar dalam senam hamil.

  1. Posisi Berbaring

Selanjutnya posisikan tubuh Anda dalam kondisi berbaring dan lakukan beberapa gerakan untuk membuat tubuh rileks. Gunakan dinding rumah untuk tumpuan kaki, posisikan tangan berada di bagian samping tubuh dan hadapkan telapak tangan ke bagian atas tubuh. Lakukan pernafasan dengan rileks dengan cara memejamkan mata Anda.

senam untuk kehamilan

  1. Posisi Merangkak

Untuk gerakan lainnya yaitu pada posisi merangkak. Ambil posisi tubuh dalam kondisi merangkak, siku tangan di luruskan dan usahakan untuk pandangan mata focus ke depan dengan posisi kepala terangkat serta bagian punggung terangkat juga. Atur nafas dengan baik secara perlahan-lahan lalu lengkungkan untuk posisi punggung ke bagian depan.

Baca Juga:  Hindari Cream Pemutih Wajah Saat Kehamilan

senam kehamilan

Setelah itu atur nafas dengan baik dan kemudian lurukan kembali posisi punggung kearah yang semula. Lakukan gerakan ini secara perlahan-lahan dan berulang dengan rileks sehingga akan terasa akan sangat nyaman sekali.

  1. Posisi Miring Berbaring

Ada juga gerakan dengan posisi miring berbaring. Gerakan yang satu ini dengan mengambil posisi lutut sebelah kanan ke bagian depan dan usahakan untuk memposisikan lutut kiri ke belakang. Usahakan untuk posisi badan miring ke samping dengan kedua lutut dan juga tangan dalam posisi menekuk.

miring berbaring

  1. Posisi Berbaring Terlentang

Posisikan badan dalam kondisi berbaring dan tangan memegang kedua mata kaki, lakukan olah nafas dengan baik dan gerakan badan ke depan dan kebawah. Lakukan gerakan-gerakan senam ini secara berulang dengan baik dan benar. Gerakan dasar senam hamil ini akan mempengaruhi kesehatan dan juga tumbuh kembang janin dengan baik.

senam ibu hamil

  1. Gerakan Mengayuh Sepeda

Lakukan juga gerakan senam ibu hamil dengan mengayuh sepeda dalam posisi terlentang. Untuk melakukan gerakan ini cukup mudah sekali yaitu dengan posisi tubuh terlentang atau berbaring, kemudian sangga kepala dengan bantal dan luruskan kedua kaki dan tekuk di bagian atas. Lakukan gerakan tersebut secara berulang dan putarkan pergelangan kaki secara bergantian kea rah kiri dan kanan.

gerakan senam hamil

Selanjutnya lakukan gerakan kayuhan sepeda dengan meletakkan kedua tangan di bagian samping tubuh. Lakukan gerakan seperi mengayuh sepeda ini secara rutin dan berulang. Ini akan membuat Anda lebih nyaman dan otot-tot melakukan pergerakan dengan baik.

  1. Gerakan Sujud

Gerakan seperti sujud ini untuk mengatasi posisi bayi yang sungsang. Dengan gerakan sujud ini maka akan membuat posisi janin berada di jalan lahir dengan baik. Untuk melakukan gerakan senam ini sangat mudah sekali. Pertama-tama posisik sujud, naikkan area panggul, majukan telapak tangan dan posisi kedua tangan lurus. Usahakan supaya dagu dan kening menempel pada bagian lantai. Pose ini bisa Anda lakukan beberapa kali dengan rentang beberapa menit. Lakukan secara rutin untuk memperbaiki posisi janin dengan baik.

Baca Juga:  Efek Buruk Darah Tinggi Pada Ibu Hamil

senam pada kehamilan

Selain dengan melakukan beberapa gerakan senam seperti yang telah disebutkan diatas, Anda juga bisa melakukan beberapa gerakan lain seperti dengan pengaturan olahan nafas dengan baik. Latihan nafas atau meditasi ini juga penting sekali dilakukan oleh setiap ibu hamil dalam upaya untuk membuat rileks dan juga untuk persiapan proses persalinan.

Gerakan senam dan juga olah nafas menjadi kombinasi penting untuk menjaga kesehatan selama kehamilan dan juga untuk persiapan untuk proses persalinan. Jika semua itu dilakukan dengan benar secara rutin dan teratur maka akan memberikan dampak positif untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Untuk senam hamil bisa dilakukan sendiri di rumah atau mengikuti kelas olahraga atau senam khusus untuk ibu hamil.

Demikian beberapa gerakan senam ibu hamil yang bisa Anda coba untuk menjaga kebugaran dan kesehatan ibu hamil. Selain itu senam hamil juga bermanfaat untuk memperbaiki posisi janin dan mempersiapkan proses persalinan dengan baik. Semoga ulasan artikel ini memberikan manfaat untuk kehamilan yang sehat.

Video Gerakan Senam Ibu Hamil

Related Posts

Share This

Share Artikel Ini.