Gerakan-Gerakan Senam Hamil 9 Bulan dan Manfaatnya

Kehamilan adalah anugerah dalam perkawinan. Memasuki hamil 9 bulan tentunya menjadi sebuah kebahagiaan yang tak ternilai bagi Anda yang sedang menantikan kelahiran si kecil. Biasanya memasuki tahap akhir kehamilan banyak ibu hamil yang dilanda perasaan gelisah. Terlebih lagi bagi ibu hamil yang belum pernah melahirkan atau baru pertama kali mengahadapi persalinan.

Perasaan was-was menghadapi persalinan bisa berdampak buruk terhadap kesehatan fisik dan psikis sehingga dikhawatirkan akan menghambat persalinan. Dalam hal ini ibu hamil harus pandai untuk mengelola stres dan menjaga kesehatan tubuh.

Dalam upaya untuk mempersiapkan diri menjelang persalinan, sebaiknya Anda melakukan aktivitas sehat seperti berolahraga atau senam khusus ibu hamil. Senam bermanfaat untuk membantu mempersiapkan otot-otot kewanitaan dan membuat Anda lebih rileks.

Senam hamil 9 bulan memiliki banyak variasi dan bisa dilakukan sendiri di rumah ataupun dengan bantuan instruktur khusus senam. Intensitas senam pada waktu hamil 9 bulan sebaiknya dilakukan dengan benar dan jangan terlalu kelelahan.

Gerakan senam ibu hamil 9 bulan pada dasarnya merupakan gerakan ringan dan standar. Hal ini untuk melenturkan otot-otot khususnya dibagian organ kewanitaan sehingga memperlancar proses persalinan. Lalu seperti apa gerakan senam ibu hamil 9 bulan yang direkomendasikan? Berikut ini simak penjelasannya.

Posisi Merangkak

Salah satu gerakan senam ibu hamil 9 bulan yaitu posisi merangkak. Gerakan yang bisa Anda peragakan setelah merangkak yaitu kempiskan perut dan kerutkan dubur. Ulangi gerakan ini hingga 8 kali ketika Anda senam.

Gerakan lain yang bisa dilakukan dalam posisi merangkak untuk melatih persalinan yaitu mletakkan kepala dan leher di lantai. Lakukan pengolahan nafas yaitu tarik nafas dengan keadaan mulut terbuka, kemudian tutup mulut dan disertai dorongan seperti halnya mengejan. Lakukan secara hati-hati supaya tidak membahayakan janin.

Duduk Bersila

Gerakan selanjutnya yaitu dengan duduk bersila dan posisi kedua tangan berada diatas paha. Posisi ini mirip dengan posisi yoga atau meditasi. Selama melakukan posisi tersebut, lakukan olah nafas secara perlahan. Tarik dan keluarkan nafas secara teratur. Gerakan ini berguna untuk melatih pernafasan untuk menghadapi persalinan.

Posisi Jongkok

Selanjutnya yaitu posisi jongkok. Mulai dengan berdiri tegak, lalu jongkok secara perlahan dengan posisi punggung dalam keadaan masih tegak. Lalu usahakan untuk menahan posisi tersebut selama beberapa menit atau kurang lebih 10 menit. Gerakan ini berguna untuk memperkuat otot panggul dan paha.

Pose Kupu-kupu

Cara melakukan pose kupu-kupu snagat mudah yaitu dengan cara duduk dilantai, lalu pertemukan kedua telapk kaki didepan layaknya bertepuk tangan. Kemudian dorong lutut ke lantai dan lakukan gerakan ini secara teratur.

Jalan Kaki

Saat memasuki usia kehamilan 9 bulan, perbanyaklah gerakan ringan berupa jalan kaki. Jalan kaki santai yang dilakukan secara rutin akan emmberikan dampak positif untuk kesehatan Anda dan juga janin didalam kandungan. Jalan kaki juga sebagai upaya untuk mengatasi keluhan seputar kehamilan usia 9 bulan seperti kram kaki.

Manfaat gerakan senam ibu hamil 9 bulan sangat banyak. Salah satunya yaitu untuk melatih pernafasan dan meregangkan otot panggul untuk mempersiapkan persalinan normal. Selain itu, Anda akan merasa lebih tenang dalam menjalani kehamilan 9 bulan sehingga lebih siap untuk mengahdapi proses persalinan.

Bahkan manfaat yang lainnya yaitu untuk membuat posisi bayi lebih cepat masuk kedalam jalan lahir. Dengan begitu maka bayi akan terlahir dengan normal dan terhindar dari sungsang. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517