Gejala Kanker Serviks Pada Kehamilan

Kanker serviks merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang bisa menyerang kaum wanita, bahkan penyakit ini juga kerap menyerang ibu-ibu yang tengah mengalami masa kehamilan. Penyebab utama terjadinya kanker servik atau kanker leher rahim yaitu adanya human papilloma virus (HPV) atau disebut juga dengan virus papilloma manusia. Dan gejala kanker servik yang kerap di alami oleh ibu hamil sama saja dengan gejala yang di alami oleh kaum wanita yang tidak hamil. Di Negara Indonesia sendiri, kanker serviks telah menjadi satu ancaman yang besar bagi kaum wanita, mengapa? Karena jika dilihat sesuai data yang telah di temukan, bahwa ada 40 wanita yang dinyatakan terkena kanker serviks setiap harinya, dan 20 diantaranya dinyatakan meninggal dunia. Bahkan, di dunia kaum wanita didiagnosa terkena penyakit yang mematikan ini setiap dua menit sekali.

Kanker Serviks Pada Kehamilan

Banyak diantaranya kaum wanita bahkan ibu hamil yang tidak menyadari akan hadirnya penyakit ini, hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan terkait gejala kanker rahim. Bahkan penyakit mematikan ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja dalam rentan usia yang tidak terbatas, dan kebanyakan kaum wanita tidak menyadari ketika virus yang menyebabkan kanker serviks ini menyerangnya. Virus yang terus berkembangbiak ini akan terus menyerang sistem kekebalan tubuh orang yang menderitanya, sehingga memicu timbulnya kanker serviks atau kanker mulut rahim.

Perlu kalian tahu, bahwa gejala awal kanker servik pada stadium awal akan sangat sulit terdeteksi. Bahkan mereka cenderung sama seperti kebanyakan wanita normal. Nah, agar ibu hamil mengetahui gejala kanker servik sejak dini, yuk simak ulasannya berikut ini mengenai gejala kanker serviks:

  1. Keputihan patogonis

Keputihan atau flour albus ini merupakan cairan yang keluar dari organ intim wanita dalam jumlah yang banyak selain darah. Walaupun tidak semua jenis keputihan itu berbahaya, namun ibu hamil harus tetap berhati-hati ketika keluarnya keputihan dengan ciri-ciri sebagai berikut: keluarnya cairan keputihan dalam jumlah yang tidak sedikit, cairan yang berubah menjadi kental, memiliki aroma bau yang tidak sedap, memiliki warna yang tidak normal, munculnya rasa gatal juga panas pada bagian vagina. Nah, ketika ibu hamil mengalami beberapa gejala seperti itu, maka sebaiknya cepatlah periksakan ke dokter.

  1. Sakit pada area kewanitaan

Ketika virus HPV mulai menyerang, biasanya akan timbul rasa sakit di bagian kewanitaan, hal ini disebabkan oleh HPV yang memang telah berkembang serta mengganggu imunitas tubuh sehingga bisa menimbulkan sakit di bagian bawah perut, munculnya sakit atau ngilu pada bagian paha, merasakan sakit ketika tengah buang air besar, bahkan akan merasakan sakit ketika melakukan hubungan intim.

  1. Pendarahan

Pada wanita normal atau wanita yang tidak tengah hamil, gejala terjadinya kanker servik yaitu keluarnya darah. Namun banyak diantaranya kaum wanita yang beranggapan bahwa pendaharan tersebut muncul dikarenakan siklus menstruasi yang tidaklah normal, namun kalian tetap harus mewaspadainya ketika darah yang keluar dari area vagina sering bahkan berangsur rutin, maka segeralah periksakan hal tersebut ke dokter.

  1. Nyeri buang air kecil

Kantung kemih yang memang terkena infeksi firus HPV akan mengakibatkan penderitanya mengalami rasa sakit atau bahkan nyeri ketika mereka buang air kecil, dan hal ini merupakan gejala kanker serviks yang harus di waspadai, karena telah memasuki stadium lanjut.

  1. Timbul rasa sakit dan pendarahan saat berhubungan seks

Ketika ibu hamil tengah melakukan hubungan intim dengan suami, maka ibu hamil akan merasakan sakit sampai mengeluarkan darah, dan hal ini disebabkan oleh adanya infeksi yang terjadi pada leher rahim yang sudah parah.

  1. Penurunan nafsu makan

Turunnya nafsu makan juga bisa menyebabkan imunitas menurun, sehingga resiko terjadinya stress akan meningkat, cemas yang berlebihan, serta bisa mengganggu energy. Bukan hanya itu, hal ini juga bisa merupakan salah satu pertanda awal terjadinya gejala kanker servik.

  1. Bengkak pada kaki

Jika Anda mengalami bengkak pada kaki secara tiba-tiba tanpa adanya alasan yang jelas, mungkin saja hal ini merupakan serangkaian pertanda kalau virus yang menyebabkan kanker serviks mulau menyerang tubuh Anda.

  1. Cepat Lelah

Rasa lelah yang diakibatkan oleh virus HPV merupakan rasa lelah yang di rasakan tanpa adanya sebab yang menyerang waktu Anda santai.

Dan itulah beberapa pertanda atau gejala kanker serviks yang harus Anda juga ibu hamil ketahui. Karena gejala kanker servik yang terjadi pada ibu hamil atau wanita normal yang tidak hamil sama saja.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517