Gejala Demam Berdarah Pada Anak yang Patut Anda Waspadai

Penting untuk Anda ketahui, bahwa gejala demam berdarah pada anak atau bahkan balita tidak selalu muncul dan bisa Anda deteksi dengan mudah. Bahkan, tidak sedikit anak-anak yang mengalami demam berdarah yang memang tidak menampakkan gejala, da nada juga beberapa diantaranya yang memang memiliki gejala yang ringan yang memang bisa muncul kapan saja, dimulai dari 4 hari sampai 2 minggu setelah mereka tergigit oleh nyamuk aedes yang terinfeksi.

Umumnya, gejala dari demam berdarah anak akan berlangsung selama 2-7 hari. Dan setelah si kecil mengalami sakit demam berdarah, maka mereka akan menjadi kebal terhadap serangan virus tertentu.

Bahkan, dalam kasus yang sangat jarang terjadi, demam berdarah ini juga bisa menyebabkan gejala yang jauh lebih parah, yaitu Dengue Shock Syndrome (DSS), yang mana gejala ini mampu menyebabkan shock bahkan kematian pada orang yang mengalaminya, maka dari itu di butuhkannya segera perawatan medis.

Nah, di bawah ini ada beberapa tanda atau gejala umum demam berdarah anak yang memang harus Anda waspadai, apa sajakah itu? Berikut ulasannya:

  1. Mendadak demam tinggi, bisa mencapai 105 ° F (40 ° C)
  2. Sakit di bagian belakang mata, nyeri sendi, otot, dan / atau tulang
  3. Sakit kepala yang dirasa sangat hebat
  4. Ruam di sebagian besar tubuh
  5. Adanya pendarahan ringan dari hidung atai di sebut juga dengan mimisan.
  6. Kulit yang mudah memar
  7. Terkadang juga di sertai dengan batuk dan juga pilek, nafsu makan yang berkurang, mual yang disertai muntah serta rasa gatal di bagian telapak kaki.

Dan umumnya, gejala demam berdarah pada anak atau bahkan balita ditandai dengan gejala-gejala yang ringan, terutama bagi mereka yang memang baru pertama kali terinfeksi oleh virus ini. Sedangkan untuk remaja bahkan orang dewasa, biasanya mereka akan melihatkan gejala yang sedang atau bahkan gejala yang berat.

Anak-anak yang mengalami penyakit demam berdarah dengue atau DBD dalam tingkatan yang berat atau dengue shock syndrome, umumnya akan memiliki gejala demam berdarah seperti biasanya yang memang berlangsung selama 2-7 hari. Namun, setelah keadaan demam mereda, maka gejala yang lainnya akan semakin memburuk, bahkan bisa menyebabkan pendarahan yang jauh lebih parah, munculnya masalah pencernaan seperti mual yang disertai dengan muntah, atau bahkan rasa sakit perut yang lebih parah serta munculnya masalah pernapasan seperti sulitnya bernapas atau sesak.

Maka dari itu, Anda patut mengenali beberapa gejala demam berdarah pada anak juga balita, agar si kecil segera memperoleh penanganan yang lebih serius. Karena jika tidak segera di atasi, maka si kecil akan mengalami dehidrasi, pendarahan yang berat serta tekanan darah yang menurun dengan cepat, bahkan syock yang tidak bisa teratasi yang memang bisa berujung pada kematian.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517