Gejala dan Penyebab Trigliserida Tinggi

Trigliserida merupakan sejenis lipida atau lemak yang berada di dalam darah. Sebagian orang kerap menyamakan antara trigliserida dengan kolesterol karena memiliki kemiripan. Namun sebebanrnya trigliserida memiliki perbedaan dengan kolesterol. Salah satu penyebab trigliserida tinggi yaitu asupan kalori yang terlalu berlebihan.

Kalori yang masuk ke dalam tubuh secara tidak langsung akan diubah menjadi trigliserida. Nah, zat tersebut akan tersimpan di dalam sel-sel lemak yang ada di dalam tubuh. Ketika Anda mengkonsumsi makanan dengan kandungan kalori tinggi maka akan menyebabkan peningkatan kadar trigliserida. Maka dari itu usahakan untuk mengontrol asupan kalori setiap harinya.

Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak atau lipida, namun sirkulasinya berbeda dengan trigliserida. Fungsi dari kolesterol yaitu sebagai pembangun sel dan hormone di dalam tubuh. Baik kolesterol ataupun trigliserida, keduanya larut dalam darah sehingga akan menyebar ke seluruh tubuh. Penyebab kolesterol tinggi yaitu asupan kalori berlebihan dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak.

Trigliserida tinggi yaitu ketika kadarnya dalam darah sudah mencapai 200 – 499 mg/dl dan bahkan bisa mencapai 500 mg/dl. Hal ini bisa diketahui melalui pemeriksaan darah. Dalam hal ini Anda perlu mewaspadai gejala trigliserida tinggi dengan menjaga asupan makanan dan rutin berolahraga.

Banyak penyebab trigliserida meningkat secara signifikan salah satunya yaitu kelebihan berat badan dan penyakit diabetes. Kompilkasi dari kondisi ktersebut sangat rentan menyebabkan kadar trigliserida di dalam tubuh mengalami peningkatan. Jika kondisi kesehatan tersebut tidak terkendali maka kadar trigliserida meningkat dan beresiko terhadap kesehatan jantung.

Trigliserida harus segera ditangani dengan benar sebab jika dibiarkan bisa mengakibatkan komplikasi dan penyakit yang lain. Kadar trigliserida terlalu tinggi dan melampaui batas akan beresiko mengakibatkan penyakit jantung atau serangan jantung mendadak.

Berikut Penyebab Lain Trigliserida Tinggi

  1. Penyakit ginjal

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit ginjal sangat rentan terkena peningkatan trigliserida. Hal ini karena ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik maka garam, mineral dan sampah-sampah tubuh tidak akan bisa disaring sehingga masuk ke dalam darah yang mengakibatkan tekanan darah meningkat.

  1. Hipotiroideisme

Jika kelenjar tiroid hanya memproduksi sedikit hormone tiroid maka akan memicu peningkatan trigliserida di dalam darah.

  1. Alkohol

Kebiasaaan menngkonsumsi minuman beralkohol akan meningaktakn resiko trigliserida tinggi di dalm darah. Selain itu bisa menyebabkan peradangan pada bagian organ pankreas.

  1. Obat-obatan

Selain alkohol, kebiasaan mengkonsumsi obat-obatan ternyata bisa menyebabkan trigliserida tinggi. Salah satu contohnya yaiti pil KB, steroid dan diuretic. Sebisa mungkin Anda harus menghentikan kebiasaan tersebut.

Selain beberapa penyebab diatas, trigliserida tinggi juga bisa diakibatkan oleh hipertensi, HDL rendah dan kadar gula dalam darah terlalu tinggi. Untuk mencegah trigliserida tinggi, mulailah menerapkan gaya hidup sehat dan rutin berolahraga.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517