Gejala Awal HIV Dapat Dilihat Dari Dalam Mulut Anda

Penyakit HIV merupakan salah satu jenis penyakit yang smapai saat ini masih menjadi momok yang sangat meresahkan masyarakat banyak. Sejak awal penemuan jenis penyakit ini, sampai saat ini HIV masih ada dalam masa perkembangannya, terutama di sejumlah negara berkembang, salah staunya seperti di Indionesia ini.

Dalam perkembangannya, ada beberapa jenis gejala HIV yang memang sering di munculkan oleh penyakit AIDS atau bahkan HIV ini, diantaranya gejala yang memang muncul di bagian rongga mulut. Lesi serta luka yang ada di bagian dalam rongga mulut ini bisa Anda jadikan sebagia petunjuk yang bisa Anda gunakan untuk mendeteksi munculnya penyakit HIV. Meskipun keberadaan lesi tidak sepenuhnya merupakan gejala HIV, namun setidaknya Anda tetap harus mewaspadai hal tersebut.

Di bawah ini ada beberapa gejala awal virus HIV yang bisa Anda deteksi melalui rongga mulut, yaitu sebagai berikut:

  1. Lesi atau luka yang muncul di dalam bagian rongga mulut yang terkait HIV

Gejala awal virus HIV yang memang sering kali muncul di bagian rongga mulut umumnya seperti lesi atau bahkan seperti luka. Untuk jenis luka tersebut diantaranya yaitu Papiloma, Citomegalovirus, infeksi  infeksi Varicella Zoster, Stomatitis nekrotika, Sarkoma Kaposi, infeksi virus Herpes Simpleks, ulserasi aftosa, Oral Hairy leukoplakia, Stomatitis nekrotika, Sarkoma Kaposi, penyakit periodontal HIV, Kandidiasis, serta infeksi  infeksi Varicella Zoster.

  1. Kondisi lesi yang ada di dalam mulut sebagai gejala awal terjadinya infeksi HIV

Dari beberapa jenis luka serta lesi yang muncul di bagian rongga mulut yang diakibatkan oleh terjadinya infeksi virus HIV, ada salah satu jenis penyakit yang memang bisa Anda jadikan sebagia pertanda awal munculnya inveksi virus HIV. Karena berdasarkan hasil penelitian yang memang berhasil menguak beberapa kasus inveksi terhadap Oral Hairy Leukoplakia yang terjadi pada pasien yang menderita penyakit HIV, dengan begitu para ahli mendapatkan kesimpulan, bahwa hal tersebut adalah manifestasi awalan dari terjadinya infeksi virus HIV.

  1. Gambaran terjadinya Oral Hairy Leukoplakia

Kondisi OHL yang ada di dalam mulut umumnya akan muncul di bagian lidah, dan biasanya muncul di bagian samping. Hal ini bisa saja terjadi terhadap satu atau bahkan di bagian kedua sisi, bahkan terkadang bis apula muncul di bagian lidah atas dan bisa muncul di mulut bagian langit-langit.

Biasanya lesi OHL ini berwarna putih serta bisa memiliki ukuran yang sangat kecil namun lesi yang muncul tersebut juga bisa berkumpul hingga menutupi permukaan lidah. Untuk bentuk lesi ini sendiri tidak begitu teratur, agak sedikit menonjol serta permukaan yang yang memiliki gelombang yang menyerupai karpet yang memiliki bulu kasar.

Akan tetapi, keberasdaan OHL yang terdapat di dalam rongga mulut tidak selamanya bisa di katakana sebagai tanda atau gejala munculnya virus HIV. Karena dalam beberapa kondisi, OHL ini juga bisa muncul ketika keadaan pasien yang memang tengah mengalami immunosupresi, diantaranya seperti pada orang yang menderita penyakit acute myeloblastic leukemia serta yang terjadi pada pasien atau orang yang menderita transplantasi ginjal.

Related Posts

Share This