Gaya Hidup Sehat dan Kebiasaan Baik Untuk Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara adalah pertumbuhan sel yang bersifat abnormal pada jaringan payudara sehingga apabila dibiarkan akan merusak jaringan payudara dan menjalar ke bagian tubuh yang lainnya. Kanker payudara merupakan salah satu penyakit ganas yang menyerang wanita. Hal mendasar yang menyebabkan munculnya kanker payudara adalah kebiasaan dan pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, mengkonsumsi minuman beralkohol dan kebiasaan buruk lainnya. Selain itu, kurangnya asupan makanan yang mengandung gizi seimbang juga menjadi penyebab timbulnya kanker payudara.

Gaya Hidup Sehat dan Kebiasaan Baik Untuk Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara bisa dicegah dengan mengatur pola makan dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Selain itu, untuk mencegah kanker payudara bisa dilakukan dengan melakukan kebiasaan baik dan menerapkan gaya hidup yang sehat.

Gaya Hidup dan Kebiasaan Baik Yang Dapat Mencegah Kanker Payudara

  • Mengkonsumsi sayuran

Seperti kita ketahui bahwa sayuran merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Sayuran memiliki kandungan antioksidan yang sangat melimpah. Antioksidan berguna untuk menjaga kesehatan tubuh karena bersifat menangakal radikal bebas atau zat asing yang berbahaya bagi tubuh sepertiĀ  kanker. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya kanker payudara sebaiknya menerapkan kebiasaan baik dengan rutin mengkonsumsi sayuran.

  • Rutin melakukan pemeriksaan

Langkah selanjutnya untuk mencegah kanker payudara yaitu dengan rutin memeriksa kesehatan payudara dan melakukan konsultasi dengan dokter. Hal ini karena gejala kanker payudara terkadang tidak disadari oleh kebanyakan wanita dan baru terdeteksi ketika kanker tersebut sudah parah atau menjalar. Selain dengan memeriksakan ke dokter, Anda juga bisa melakukan pemeriksan sedndiri dirumah dengan mengenali perubahan pada payudara. Apabila terjadi kejanggalan atau perubahan yang tidak biasa maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

  • Mengkonsumsi minyak zaitun

Mengkonsumsi minyak zaitun merupakan salah satu cara dalam mencegah pertumbuhan sel kanker. Minyak zaitun merupakan salah satu sumber lemak sehat yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas terutama pertumbuhan sel kanker. Bagi wanita sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi minyak zaitun untuk mencegah pertumbuhan sel kanker payudara.

  • Menghindari zat kimia berbahaya

Kanker payudara bisa diakibatkan oleh senyawa kimia berbahaya yang terdapat pada kosmetik wanita. Salah satu zat berbahaya tersebut adalah paraben. Senyawa kimia jenis ini sangat berbahaya apabila masuk ke dalam tubuh karena akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon sehingga memicu pertumbuhan sel kanker seperti kanker payudara. Oleh karena itu, wanita sebaiknya berhati-hati dan lebih cermat dalam memilih jenis kosmetik.

  • Rutin olahraga

Olahraga adalah salah satu jenis kegiatan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Jadwalkan olahraga secara rutin setiap harinya untuk mencegah penyakit seperti kanker payudara. Olahraga yang dilakukan tidak perlu olahraga yang berat. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging ataupun jalan kaki santai. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh dan mencegah terjadinya pertumbuhan sel kaknker payudara pada wanita.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517