Gaya Hidup Menjadi Penyebab Mulut Bau

Menjaga kebersihan mulut termasuk salah satu hal pyang penting untuk dilakukan. Kebersihan mulut akan berpengaruh terhadap kesehatan gigi dan gusi. Selain itu, kebersihan mulut akan berdampak terhadap rasa percaya diri dan kenyamanan pada waktu berinteraksi dengan orang lain. Terkadang banyak orang yang tidak menyadari penyebab mulut bau sehingga merasa kesulitan untuk mengatasinya.

Mengatasi bau mulut tentunya harus menjadi fokus utama sehingga hal ini tidak akan menggaggu kontak sosial Anda untuk berinteraksi. Untuk memudahkan dalam mengatasi bau mulut, maka salah satu langkah yang sebaiknya Anda lakukan yaitu dengan mengetahui terlebih dahulu faktor penyebabnya.

Tahukah Anda jika bau mulut ternyata bisa disebabkan oleh kebiasaan dan gaya hidup sehari-hari. Dalam hal ini yang menjadi fokus utama adalah kebiasaan dalam memilih dan mengkonsumsi makanan. Ada jenis makanan atau minuman tertentu yang memicu timbulnya bau mulut. Namun terlepas dari hal tersebut, kebiasaan lain yang memicu bau mulut yaitu kurangnya perawatan dan mengabaikan kebersihan mulut.

Penyebab Bau Mulut

Bau mulut pada pagi hari atau yang disebut dengan istilah morning breath merupakan kondisi yang wajar terjadi. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan menggosok gigi. Bau mulut pada pagi hari akibat adanya sekresi air liur dari mulut yang berkurang pada malam hari. Kemudian bernafas melalui mulut ketika sedang tidur memungkinkan bakteri masuk sehingga mempengaruhi nafas yang berimbas terhadap bau mulut.

Penyebab lain dari bau mulut yaitu faktor makanan. Jenis makanan tertentu yang memicu bau mulut yaitu seperti bawang putih, bawang merah, jengkol, petai dan lain sebagainya. Alternatifnya tidak lain yaitu dengan menghindari makanan tersebut jika Anda ingin terhindar dari bau mulut.

Namun bau mulut uang bersifat kronis dan terjadi sepanjang hari dirasa sangat tidak normal. Penyebab bau mulut kronis sangat beragam diantaranya yaitu faktor kebersihan mulut, infeksi mulut, adanya penyakit pencernaan, disfungsi kelenjar ludah dan gaya hidup tertentu. Contohnya yaitu kebiasaan buruk jarang menggosok gigi menjadi penyebab utama yang menyebabkan bau mulut.

Sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi akan memmbusuk sehingga hal ini memicu timbulnya bau mulut. Adanya infeksi dan peradangan pada gusi juga ikut menyumbang bau mulut. Selain itu kebiasaan buruk seperti merokok, konsumsi kopi dan alkohol memicu timbulnya bau mulut yang bersifat kronis. Maka dari itu sebisa mungkin kebiasaan tersebut Anda rubah menjadi lebih baik.

Solusi tepat dalam mengatasi bau mulut tidak lain dengan memperbaiki gaya hidup untuk senantiasa menjaga kebersihan mulut. Selain itu, untuk mengatasi bau mulut maka Anda bisa menggunakan ramuan alami seperti tanaman sirih, seledri, mentimun dan lain sebagainya. Biasakan untuk menggosok gigi secara rutin minimal 2 kali sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Related Posts

Share This