Gangguan Psikologis Yang Terjadi Pada Anak-Anak

Kelainan psikologis biasanya terjadinya pada orang dewasa akibat dari tekanan dan permasalahan seputar kehidupan yang memicu stress. Akan tetapi tahukah Anda kalau kelainan psikologis ternyata bisa terjadi pada anak-anak. Kelainan psikologis sulit untuk dideteksi sejak awal berbeda dengan kelainan fisik. Banyak faktor yang bisa menyebabkan kelainan psikologis pada anak seperti faktor genetik, faktor lingkungan dan kejadian yang membuat anak trauma.

Gangguan Psikologis Yang Terjadi Pada Anak-Anak

Ada Beberapa Kelainan Psikologis Yang Mungkin Terjadi Pada Anak-Anak

Asperger Syndrome

Asperger syndrome merupakan kelainan perilaku sehingga anak lebih suka menyendiri, tidak suka bermain dan menghindari keramaian. Anak-anak yang mengalami kelainan ini biasanya akan lebih banyak diam dan tidak suka berbicara. Kelainan psikologis ini akan menyebabkan anak tidak mempunyai teman. Hal ini karena anak akan cenderung memiliki perasaan yang mudah bosan sehingga akan menjauhi teman-temannya. Selain itu, anak yang menderita sindrom ini lebih suka berbicara kepada orang dewasa dengan topik pembicaraan yang tidak wajar. Asperger syndrome akan menyebabkan anak tidak memiliki rasa simpatai terhadap orang lain dan tidak suka bergaul.

Mental retardation

Mental retardation adalah salah satu kelainan psikologis yang terjadi pada anak-anak yang ditandai dengan kesulitan berkomunikasi, tidak bisa mengurus diri sendiri dan tidak bisa membedakan hal yang berbahaya. Anak-anak yang mengalami kelainan ini cenderung tidak bisa hidup mandiri sehingga membutuhkan pendamping untuk memenuhi semua kebutuhannya.

Autisme

Gejala autisme bisa dikenali sejak masih bayi salah satunya yaitu respon bayi terhadap suatu benda dan tidak bereaksi ketika di beri rangsangan suara. Autisme adalah salah satu kelainan yang terjadi pada anak-anak sehingga anak lebih suka menutup diri. Ketika dewasa, anak yang mengalami kelainan ini cenderung tidak bisa fokus terhadap suatu hal dan akan mengalami kesulitan untuk berkomunikasi.

Kelainan Psikologis yang berhubungan dengan kecemasan

Anak-anak yang mengalami kelainan ini akan merasa takut, cemas dan kegelisahan yang berlebihan. Anak-anak akan cenderung merasa cemas dan takut akan hal yang tidak masuk akal. Penderita kelainan ini akan merasa panik dan gelisah secara tiba-tiba. Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh trauma terhadap sesuatau yang pernah dialami oleh anak.

Hiperaktivitas (attention deficit ayperactivity disorders symptoms)

Hiperaktivitas merupakan salah satu kelainan psikologis yang menyebabkan anak mengalami kesulitan dalam memfokuskan diri terhadap suatu hal. Faktor yang menyebabkan kelainan ini adalah kerusakan pada sistem saraf otak. Anak-anak yang menderita kelainan ini akan memiliki respon otak yang lambat dan terbatas. Biasanya anak-anak dengan kelainan ini tidak bisa fokus ketika sedang belajar di sekolah, lebih banyak diam dan gampang lupa terhadap semua hal. Faktor lain yang menyebabkan anak mengalami kelainan ini adalah sifat bawaan, gegar otak, faktor lingkungan dan penyakit tertentu yang pernah terjadi pada anak seperti epilepsi.

Related Posts

Share This