Gangguan Kesehatan Yang Umum Dialami Oleh Ibu Menyusui

Menyusui adalah salah satu aktivitas yang harus dilakukan oleh setiap wanita sebagai bagian dari tahapan merawat bayi. Proses menyusui bertujuan untuk memberikan asupan makanan karena ASI adalah sumber makanan utama untuk bayi dalam mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Kandungan nutrisi yang terdapat pada ASI tidak bisa digantikan oleh sumber makanan lain. Untuk menunjang perkembangan bayi, pemberian ASI sangat dianjurkan secara ekslusif selama 6 bulan.

Kendala yang paling umum dialami oleh ibu menyusui yaitu kondisi kesehatan yang bermasalah. Keadaan ini tentunya menghambat pemberian ASI untuk bayi sehingga dikhawatirkan asupan nutrisi akan terganggu. Selain itu, kesehatan ibu menyusui yang bermasalah dikahwatirkan akan menular pada bayi melalui ASI. Untuk mencegah kemungkinan yang bisa membahayakan bayi, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Berikut Gangguan Kesehatan Pada Ibu Menyusui

  • Gangguan pencernaan

Salah satu gangguan kesehatan yang mungkin terjadi pada ibu menyusui yaitu diare. Gangguan pencernaan yang satu ini sangat rentan mengakibatkan ibu menyusui kehilangan banyak cairan atau dehidrasi. Untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut sebaiknya Anda menjaga asupan cairan dengan minum air putih secukupnya. Selain itu, selama menyusui sebaiknya Anda menjaga pola makan dan menghindari sumber makanan yang bisa memicu diare.

  • Flu dan demam

Jika Anda terkena flu atau demam pada waktu menyusui, gunakanlah masker supaya tidak menular pada bayi. Gangguan kesehatan yang satu ini sangat rentan menular pada bayi. Maka dari itu segera tangani dengan benar dan mintalah saran dokter sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat penurun demam.

  • Diabetes

Gangguan kesehatan yang satu ini cukup serius sehingga harus mendapat penangan medis dengan benar sehingga tidak akan berpengaruh terhadap bayi. Dalam hal ini proses menyusui harus tetap dilakukan karena sangat berguna untuk menjaga kadar gula dalam darah untuk tetap stabil. Ibu menyusui sebaiknya menghindari pikiran yang stres karena bia memicu peningkatan gula di dalam darah yang berakibat diabetes.

  • Hepatitis A

Meskipun terlihat sebagai penyakit yang serius, namun hepatitis tidak akan menular pada bayi melalui ASI. Untuk mencegah bayi tertular sebaiknya Anda menerapkan hidup sehat dengan membiasakan untuk mencuci tangan sebelum menyentuh bayi dan menjaga kebersihan payudara. Selain itu, untuk konsumsi obat hepatitis diperbolehkan karena tidak akan berpengaruh terhadap bayi. Namun meskipun begitu Anda harus tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Pada waktu sakit, proses menyusui tidak perlu dihentikan selama penyakit yang diderita masih dalam batas wajar menurut dokter. Selain itu, mengkonsumsi obat juga tidak dilarang dengan catatan obat tersebut aman bagi bayi dan sesuai dengan anjuran dokter.

Related Posts

Share This