Gangguan Kesehatan yang Terjadi Pada Wanita Menopause

Menstruasi merupakan salah satu siklus dalam kehidupan wanita. Setiap wanita pasti mengalami siklus tersebut. Namun menstruasi adakalanya akan terhenti memasuki usia 50 tahun. Perubahan ini seringkali disebut dengan istilah menopause. Kondisi menopause pada dasarnya akan menyebabkan terjadinya perubahan terhadap hormon wanita seperti hormon estrogen. Hal inilah yang menyebabkan seorang wanita tidak lagi produktif atau tidak subur.

Selain hilangnya kesuburan, wanita menopause juga seringkali dihadapkan dengan berbagai masalah kesehatan. Tidak mengherankan jika memasuki masa menopause, banyak wanita yang mengeluhkan gangguan kesehatan. Lalu apa saja jenis gangguan kesehatan yang seringkali melanda wanita ketika memasuki masa menopause?

Inilah Beberapa Gangguan Kesehatan Wanita Menopause

  1. Penyakit Kardiovaskuler

Fungsi dari hormon estrogen yaitu untuk menghindarkan tubuh dari berbagai gangguan atau penyakit kardiovaskuler. Ketika wanita memasuki menopause maka akan mengalami penumpukan lemak pada pembuluh darah. Nah, hal inilah yang akan mengakibatkan berbagai perubahan seperti tekanan darah yang mengalami peningkatan ataupun kolesterol dalam darah mengalami kenaikan sehingga memicu berbagai penyakit seperti jantung dan stroke.

  1. Osteoporosis

Rendahnya kadar estrogen didalam tubuh wanita memasuki mas menopause  akan mengakibatkan jaringan tulang berkurang. Kondisi ini akan menyebabkan tulang menjadi keropos sehingga mudah rapuh. Hal inilah yang mengakibatkan wanita yang memasuki masa menopause cenderung mengalami patah tulang ketika terjadi benturan atau terjatuh.

  1. Kanker

Penurunan kadar hormon progesterone dan meningkatnya testosterone akan memicu terjadinya kanker rahim, ovarium dan juga kanker payudara.

  1. Prolaps Uterus

Uterus atau rahim akan mengalami penurunan hingga ke vagina akibat kadar hormon estrogen yang rendah pada masa menopause.

  1. Diabetes

Hormon estrogen dan juga progesterone berfungsi untuk mengatur gula darah. Jika keduanya mengalami penurunan maka akan menyebabkan diabetes karena kadar gula darah akan meningkat. Kondisi ini biasanya terjadi pada wanita memasuki menopause.

  1. Penyakit Menular Seksua

Biasanya wanita yang memasuki menopause melupakan alat pengaman saat berhubungan intim sehingga hal ini memicu penyakit seksual. Pemicunya yaitu dari iritasi dinding vagina yang kering dan luka ketika berhubungan intim.

  1. Penyakit Autoimun

Adanya perubahan hormon pada wanita menopause bisa memicu terjadinya peradangan dan mengakibatkan sistem imun tubuh mengalami penurunan. Nah, hal inilah yang akan memicu penyakit autoimun seperti peradangan pada sendi.

  1. Inkontinensia Urin

Beser atau inkontinensia urin merupakan suatu keadaan dimana seorang wanita tidak bisa mengontrol pengeluaran urin. Kondisi ini biasanya terjadi pada beberapa wanita yang memasuki masa menopause. Biasanya urin akan keluar secara tiba-tiba saat sedang beraktivitas seperti jogging, tertawa atau batuk.

Demikian beberapa gangguan kesehatan wanita menopause yang perlu diketahui. Untuk menjaga kesehatan pada masa menopause sebaiknya rutin berolahraga dan menjaga asupan makanan yang bergizi. Jika kedua komponen tersebut bisa dijalankan dengan baik maka akan lebih bugar selama menjalani masa menopause di usia lanjut.

Jika terjadi gangguan kesehatan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui treatment yang tepat. Jangan menyepelekan gangguan kesehatan pada masa menopause sebab akibatnya bisa sangat fatal untuk kesehatan fisik dan mental wanita. Menjaga kebugaran tubuh adalah salah satu solusi terbaik supaya tetap sehat di hari tua.

Masalah kesehatan pada masa menopause bisa dicegah dan diatasi dengan perilaku atau pola hidup sehat. Mulailah menerapakan pola hidup sehat saat ini juga, jangan tunggu kondisi kesehatan Anda memburuk. Upaya pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This