Gangguan Kesehatan Yang Terjadi Pada Balita Dengan Keterbelakangan Mental

Setiap orang pastinya menginginkan kondisi tubuh yang sehat dan kuat. Ketika kondisi kesehatan tubuh mulai menurun maka segala cara pasti dilakukan untuk mengatasinya. Gaya hidup sehat dan pola makan yang teratur adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya berbagai masalah kesehatan. Menjaga kesehatan merupakan salah satu hal yang paling penting untuk menunjang segala aktivitas tubuh.

Balita Dengan Keterbelakangan Mental

Kesehatan seorang wanita pada waktu hamil akan berpengaruh terhadap perkembangan dan kesehatan bayi yang dilahirkan. Kondisi ibu hamil yang sehat maka akan berpengaruh terhadap kesehatan janin di dalam kandungan dan begitupun sebaliknya. Sebenarnya menjaga kesehatan selama hamil sangatlah mudah, akan tetapi kebanyakan ibu hamil tidak memiliki pengetahuan mengenai hal tersebut.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan selama menjalani kehamilan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Kebutuhan nutrisi pada waktu hamil akan meningkat dua kali lipat untuk menunjang perkembangan janin. Apabila kebutuhan nutrisi tersebut tidak terpenuhi selama hamil maka bisa berakibat fatal bagi perkembangan bayi. Salah satunya yaitu bisa menyebabkan gangguan pada otak sehingga mengakibatkan keterbelakangan mental pada bayi. Bayi-bayi yang terlahir dengan keterbelakangan mental biasanya sangat rentan terkena berbagai masalah kesehatan.

Berikut ini ada beberapa masalah medis yang rentan terjadi pada balita dengan keterbelakangan mental:

Gangguan penglihatan

Balita yang terlahir dengan keterbelakangan mental biasanya akan mengalami masalah penglihatan. Hal ini karena fungsi otak yang mengontrol seluruh kinerja organ tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik. Kondisi seperti ini diakibatkan oleh kurangnya dukungan nutrisi ketika bayi berada di dalam kandungan. Masalah penglihatan yang umum terjadi pada anak dengan keterbelakangan mental diantaranya yaitu mata juling, katarak, rabun jauh dan rabun dekat.

Kerusakan jantung

Ada sekitar 40 persen bayi yang dilahirkan dengan keterbelakangan mental mengalami kelainan pada jantung seperti perkembangan jantung yang tidak normal. Penanganan untuk kerusakan jantung ini harus dilakukan dengan metode pembedahan.

Kerusakan saluran pencernaan

Pada sebagian kasus, balita dengan keterbelakangan mental mengalami kelainan pada saluran pencernaan seperti terjadinya kerusakan pada usus. Kondisi tersebut biasa disebut dengan duodenal atresia atau terjadi penutupan pada usus bagian atas.

Gangguan pendengaran

Sebuah studi membuktikan bahwa ada 50 persen balita yang terlahir dengan keterbelakangan mental mengalami gangguan pendengaran. Mereka lebih rentan terkena infeksi telinga yang berkembang dan mengganggu sistem pendengaran.

Sering terkena flu

Penyakit ringan yang sangat mudah menghampiri balita dengan keterbelakangan mental yaitu flu. Hal ini karena sistem kekebalan (sistem imun) yang rendah sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik dalam melawan serangan zat asing. Kondisi yang lebih parah yaitu saluran napas yang lebih mudak terkena infeksi seperti sinus dan infeksi pada telinga.

Hipotiroidisme

Kelainan fungsi tiroid sangat mungkin terjadi pada anak yang mengalami keterbelakangan mental. Kondisi seperti ini akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia anak. Oleh karena itu anak yang mengalamin keterbelakangan mental sebaiknya diperiksa secara rutin setiap tahunnya.

Kelainan pada tulang belakang

Keterbelakangan mental memicu gangguan kesehatan yang lain seperti kelainan pada tulang belakang. Hal ini diakibatkan oleh kurangnya asupan nutrisi seperti asam folat pada waktu hamil sehingga pembentukan sumsum tulang belakang tidak berjalan dengan baik. Balita yang mengalami masalah kesehatan ini sangat rentan mengalamin kecelakaan pada ruas tulang belakang ketika beraktivitas.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517