Gangguan Kesehatan yang Mungkin Dialami Bayi Prematur

Umumnya, bayi akan lahir ketika usia kehamilan ibu mencapai usia 37-40 minggu, atau sekitar 9 bulan. Nah, jika janin dalam kandungan lahir di usia kehamilan yang kurang dari 37 minggu, maka bayi tersebut disebut dengan bayi prematur.

Biasanya, semakin awal bayi prematur lahir maka akan semakin besar pula resiko bayi tersebut mengalami masalah kesehatan bayi, yang memang umum terjadi pada sebagian besar bayi yang lahir secara prematur. Maka dari itu, bayi prematur sangat membutuhkan perhatian juga perawatan yang lebih.

Pada kesempatan ini, kami akan mencoba mengulas beberapa jenis gangguan kesehatan bayi prematur yang sering mengganggu perkembangan bayi prematur, yaitu sebagia berikut:

  1. Gangguan pertama yang memang kerap kali di alami oleh bayi prematur yaitu gangguan pernapasan si kecil. Umumnya bayi premature akan mengalami masalah ini, karena sistem pernapasan si kecil yang masih belum sempurna terbentuk.
  2. Bayi prematur juga sangat rentan mengalami gangguan terhadap jantung mereka. Dan gangguan terhadap jantung bayi premature yang sering terjadi yaitu tekanan darahn yang rendah serta patent ductus arteriosus (PDA). Dan gangguan inilah yang paling sering dialami oleh bayi-bayi yang lahir secara premature, yaitu sebelum minggu ke-30.
  3. Bayi yang lahir secara premature juga memiliki resiko yang besar mengalami pendarahan di bagian otak mereka atau yang sering di sebut dengan intrabentricular hemorrhage, terutama bayi yang lahir sebelum 28 minggu.
  4. Bayi premature juga bisa mengalami masalah dalam mengatur suhu tubuhnya. Suhu tubuh bayi yang lahir secara premature bisa turun secara drastis, hal ini dikarenakan mereka tidak memiliki cadangan lemak yang cukup di dalam tubuhnya. Gangguan ini nantinya bisa mengarah kepada gangguan pernapasan serta rendahnya kadar gula darah si kecil.
  5. Bayi yang lahir secara premature juga cenderung mengalami gangguan terhadap bagian perut juga lambung si kecil. Akan tetapi, hal ini bisa di atasi dengan mudah, yaitu dengan cara memberikannya ASI secara rutin.
  6. Bayi premature juga sangat rentan mengalami gangguan terhadap metabolisme mereka. Bahkan bayi yang lahir secara premature juga bisa mengalami hypoglisemia atau dalam kata lain rendahnya kadar gula darah.
  7. Bayi premature juga kerap kali mengalami gangguan terhadap darah.
  8. Bayi yang lahir secara prematur juga bisa mengalami gangguan terhadap sistem imun juga sangat mudah terkena infeksi. Hal ini dikarenakan sistem imun bayi prematur memang belum berkembang dengan sempurna.

Nah, bagi Anda yang memiliki bayi yang lahir secara prematur, maka sebaiknya Anda selalu memantau kondisi kesehatan si kecil, dan Anda dianjurkan untuk selalu mengkonsultaiskan kondisi si kecil kepada dokter, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Anda juga harus benar-benar memberikan perawatan yang baik untuk bayi premature Anda, juga memberikan perhatian yang lebih. Karena jelas, bayi prematur jelas berbeda dengan bayi yang lahir secara normal.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517