Gangguan Kesehatan Mental Yang Sering Terjadi Pada Wanita

Gangguan kesehatan mental bisa terjadi pada siapa saja, baik itu pria maupun wanita. Bahkan anak-anak sekalipun bisa mengalami hal tersebut. Akan tetapi berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kaum wanita lebih rentan terhadap gangguan mental jika dibandingkan dengan pria.

Dalam hal ini gangguan mental pada wanita sangat erat dengan perasaan trauma atas kejadian lampau yang menimpanya. Wanita akan lebih lama mengingat suatu kejadian yang membuatnya merasa tidak nyaman atau perasaannya tersakiti. Nah, hal inilah yang menyebabkan seorang wanita sangat dengan mudah terkena gangguan mental.

Wanita merupakan makhluk Tuhan yang memiliki perasaan sensitif, maka tidak mengherankan jika masalah kesehatan mental lebih rentan terjadi pada wanita. Lalu apa saja jenis gangguan mental yang rentan menyerang wanita?

Berikut Ini Ada Beberapa Gangguan Kesehatan Mental Yang Seringkali Menyerang Wanita

Panik

Menurut hasil riset menunjukan bahwa wanita dua kali lebih mudah untuk panik jika dibandingkan dengan para pria. Bahkan yang lebih parahnya lagi yaitu perasaan panik tersebut akan berkembang menjadi sebuah fobia yang berkepanjangan. Hal ini bisa terjadi akibat kejadian apa saja yang membuatnya kaget.

Trauma

Jenis gangguan mental yang satu ini termasuk salah satu yang sangat sulit untuk dihilangkan atau hilang dari pikiran seorang wanita. Terlebih lagi jika kejadian tersebut membekas dan menyakitkan maka akan sangat susah untuk dilupakan. Dengan kata lain bahwa perasaan wanita sangat halus sehingga jika mengalami kejadian yang menyakitkan akan tertinggal di hati lebih lama.

Baby Blues

Merupakan kejadian masalah mental yang paling umum dan sering terjadi pada wanita pasca melahirkan. Baby blues akan membuat seorang wanita membenci dan tidak menyukai bayinya. Penyebabnya karena kelelahan, tidak percaya diri atau pesimis untuk merawat bayi. Hal ini biasanya terjadi pada wanita yang baru pertama kali menjalani kehamilan atau dengan kata lain belum ada pengalaman dalam mengurus bayi.

Kejadian baby blues ini memang harus ditangani dengan benar supaya bayi tidak terlantar. Sebab si ibu yang mengalami baby blues enggan untuk menyusui bayinya dan senantiasa merasa benci terhadap bayinya.

Depresi

Wanita akan lebih rentan merasa depresi disbanding pria. Penyebabnya yaitu karena wanita lebih sering mengalami kondisi fluktuasi hormone dalam sepanjang kehidupannya. Fluktuasi hormone tersebut yang menyebabkan wanita mengalami kehamilan, mentruasi dan juga menopause. Daris emua proses biologis tersebut yang cenderung membuat wanita akan lebih rentan mengalami depresi.

Gangguan Makan

Wanita yang mengalami masalah mental akan berpengaruh terhadap pola makan. Gangguan makan pada wanita memang berasal dari masalah mental. Biasanya wanita yang terobsesi untuk menjadi seorang yang sempurna akan merasa rela untuk menyakiti diri sendiri seperti contohnya melakukan anoreksia ataupun bulimia.

Mudah Cemas

Selanjutnya masalah mental wanita yaitu lebih mudah merasa cemas akan banyak hal. Tubuh wanita memiliki banyak hormone yang akan membuat mereka lebih mudah merasa khawatir dan mencemaskan sesuatu. Tidak mengherankan jika saat ini Anda sebagai seorang wanita akan mengalami perasaan ini.

Demikian beberapa gangguan mental yang lebih rentan menyerang wanita. Masalah kesehatan mental tersebut tidak membahayakan jika masih dalam batas wajar. Namun jika dibiarkan berkembang menjadi lebih parah maka sangat beresiko terhadap kesehatan psikologis dalam jangka panjang. Maka dari itu, karena wanita rentan akan masalah tersebut maka sebaiknya diusahakan untuk menghindarinya. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517