Gangguan Kesehatan Akibat Tidak Imunisasi

Imunisasi memang penting untuk diberikan pada setiap anak. Tujuannya yaitu untuk membentuk sistem imun sehingga terhindar dari resiko penyakit berbahaya. Imunisasi diberikan secara bertahap dengan vaksin yang berbeda. Namun pada sebagian kasus, ada anak yang tidak mendapatkan imunisasi karena rendahnya pengetahuan dari orangtuan terhadap pentingnya imunisasi. Perlu Anda ketahui bahwa akibat tidak imunisasi sangat beresiko terhadap kesehatan anak.

Faktor penyebab anak tidak mendapatkan imunisasi tidak lain karena rendahnya pengetahuan dari orangtuanya. Tidak mengherankan jika banyak yang menyepelekan imunisasi karena tidak mengetahui manfaatnya untuk jangka panjang. Lalu apa saja bahaya yang akan terjadi jika anak tidak mendapatkan imunisasi?

Resiko Penyakit Polio

Imunisasi polio sangat penting untuk diberikan ketika bayi. Jika seorang anak tidak mendapatkan imunisasi jenis ini maka kemungkinan akan menderita peyakit polio dengan gejala kelumpuhan.

Penyakit TBC

BCG adalah jenis imunisasi yang berguna dalam menangkal penyakit TBC. Penyakit TBC tidak bisa disepelekan karena tergolong penyakit yang mematikan. Oleh karena itu, jangan pernah melewatkan imunisasi jenis ini supaya bayi terhindar dari bahaya penyakit TBC di masa mendatang.

Tetanus

Jenis penyakit selanjutnya yang mengancam kesehatan anak akibat tidak mendapatkan imunisasi yaitu penyakit tetanus.

Hepatitis

Penyakit hepatitis tergolong penyakit mematikan yang bisa menyebabkan kanker hati. Imunisai HB sangat penting untuk diberikan pada anak dan tidak boleh dilewatkan. Imunisasi HB diberikan dalam beberapa tahap dari sejak bayi lahir hingga berusia tiga bulan.

Radang Selaput Otak

Penyakit meningitis atau radang selaput otak bisa membahayakan keselamatan jiwa penderitanya. Anak-anak yang tidak mendapatkan imunisasi tersebut sangat rentan terkena penyakit meningitis ketika usia dewasa. Bahkan pada sebagian kasus, ada beberapa yang terkena meningitis di usia anak-anak.

Infeksi Telinga

Selain infeksi pada otak, menyepelekan imunisasi bisa berakibat terkena infeksi pada telinga. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri dan virus berbahaya. Salah satu cara untuk menangkalnya tidak lain dengan memberikan imunisasi sejak bayi.

Lebih Mudah Terserang Flu

Imunisasi diberikan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Nah, jika hal itu tidak dilakukan maka kemungkinan anak akan lebih mudah terserang infeksi virus. Penyakit yang ditimbulkan bisa bersifat ringan seperti influenza.

Nah, demikian sebagian kecil dari jenis penyakit yang ditimbulkan akibat tidak mendapatkan imunisasi. Jangan pernah menyepelekan pentingnya imunisasi. Lakukan imunisasi secara bertahap sesuai dengan jadwal yang seharunya. Dengan begitu maka anak akan terhindar dari resiko berbagai infeksi virus penyebab penyakit mematikan.

Dalam menjaga daya tahan tubuh anak, berikan asupan makanan yang bergizi. Makanan yang mengandung vitamin dan mineral berguna untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Semuanya bisa diperoleh dari berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This