Gangguan Kesehatan Akibat Kurang Olahraga

Olahraga merupakan salah satu aktivitas sehat dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Olahraga tergolong salah satu pola hidup sehat supaya terhindar dari resiko berbagai macam penyakit. Namun terkadang banyak orang yang menyepelakan akan pentingnya olahraga tanpa mempedulikan kebugaran tubuh mereka. Tahukah Anda bahaya kesehatan akibat kurang olahraga?

Olahraga yang dilakukan secara konsisten akan memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh. Bahkan latihan ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Bahaya yang ditimbulkan akibat jarang berolahraga salah satunya yaitu resiko penyakit kronis seperti serangan jantung.

Pentingnya berolahraga bukan sebuah perkara yang sepele melainkan hal ini berdasar pada manfaat yang akan Anda rasakan dengan melakukan aktivitas tersebut. Olahraga tidak harus dengan intensitas yang berat, yang terpenting adalah konsistensi dalam menjalankannya.

Nah, Berikut Ini Bahaya Akibat Jarang Berolahraga

Tekanan Darah Tinggi

Salah satu bahaya akibat jarang olahraga yaitu timbulnya penyakit darah tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa olahraga adalah salah satu aktivitas sehat yang bisa menurunkan tekanan darah. Nah, jika aktivitas tersebut terhenti dan jarang Anda lakukan maka resikonya terhadap tekanan darah tinggi sehingga hal ini bisa memicu penyakit lainnya seperti stroke.

Sistem Kardio Melemah

Bahaya kesehatan lain akibat jarang olahraga yaitu melemahnya sistem kardio. Ketika Anda jarang berolahraga maka otot jantung akan melemah sehingga hal ini berdampak pada penurunan fungsi dan kinerja dari sistem kardio didalam tubuh. Maka dari itu jangan menyepelekan olahraga dan latihan kardio supaya Anda terbebas dari penyakit seputar kardio.

Terjadi Penurunan Katahanan Fisik

Olahraga memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nah, jika aktivitas tersebut terhenti maka akan berdampak terhadap penurunan daya tahan tubuh sehingga rentan terhadap gangguan kesehatan.

Berat Badan Meningkat dan Terjadi Penumpukan Lemak

Jarang berolahraga akan berdampak terhadap metabolisme tubuh sehingga terjadi penumpukan lemak dan kenaikan berat badan tak terkontrol. Tidak mengherankan jika banyak orang yang kelebihan berat badan akibat pola hidup yang tidak sehat dan jarang berolahraga.

Rentan Stres

Bahaya olahraga tidak hanya berdampak terhadap kesehatan fisik,namun juga bisa berdampak terhadap kesehatan psikis yaitu rentan terhadap stres atau bahkan depresi.

Peningkatan Gula Darah

Peningkatan kadar gula dalam darah bisa menyebabkan penyakit diabetes dan jantung. Hal ini dipicu oleh aktivitas tubuh yang jarang bergerak. Maka dari itu, mulailah menerapkan pola hidup sehat untuk senantiasa bergerak dengan melakukan olahraga secara rutin sehingga tidak terjadi penumpukan glukosa dalam darah dan Anda terbebas dari penyakit tersebut.

Degenerasi Otot

Jika Anda meninggalkan kebiasaan sehat seperti olahraga maka bisa terjadi degenerasi otot. Semakin lama maka otot akan semakin berkurang terlebih lagi dengan bertambahnya usia yang semakin tua.

Nah, demikian beberapa dampak negatifakibat jarang berolahraga. Mulai saat ini biasakan untuk berolahraga untuk senantiasa menjaga kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517